Humaniora

Menteri Yohana Yembise Apresiasi Kartini Flight

Jum'at, 21 April 2017 23:25 WIB Penulis:

ANTARA

SEBAGAI upaya memeriahkan semangat Hari Kartini, maskapai nasional Garuda Indonesia mengadakan penerbangan khusus Kartini Flight yang melibatkan awak kabin, petugas darat, dan pilot yang semuanya merupakan perempuan hebat.

Keistimewaan lainnya dari penerbangan khusus ini adalah ikut sertanya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise dan rombongan pada rute penerbangan Padang-Jakarta. Selain itu, dua direksi perempuan Garuda Indonesia, masing-masing Direktur SDM dan Umum Sari Suharso dan Direktur Produksi Puji Nur Handayani juga ikut dalam penerbangan tersebut.

''Salut buat Garuda Indonesia yang telah mengadakan penerbangan khusus ini. Keterlibatan pilot perempuan, awak kabin dan juga petugas darat yang semuanya perempuan membuktikan bahwa mereka mampu bekerja di tengah dunia yang sarat dengan perkembangan teknologi dan tantangan dinamika karir yang ada,'' kata Menteri Yohana sesaat sebelum mengudara dengan penerbangan GA 167 itu, Jumat (21/4).

Menteri Yohana menyempatkan diri bersalaman dan berbincang-bincang singkat dengan kapten pilot dan seluruh kru pesawat. Menurutnya, Garuda Indonesia telah mampu dengan baik mengakomodir aktualisasi diri kaum perempuan dalam jenjang karir professional di industri penerbangan.

Sementara Direktur SDM dan Umum Garuda Indonesia Sari Suharso mengungkapkan, melalui Kartini Flight ini pihaknya mengajak seluruh perempuan di Indonesia terus berprestasi dan mengaktualisasikan diri tanpa batasan tertentu.

''Spirit tersebut kami representasikan melalui kehadiran pilot, awak kabin hingga release-woman yang semuanya perempuan pada penerbangan GA 164 rute Jakarta-Padang dan GA 167 dengan rute Padang-Jakarta ini,'' tutur Sari.

Dalam siaran persnya, VP Corporate Communications PT Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menyebutkan, Garuda Indonesia Group saat ini memiliki lebih dari 4.500 karyawan perempuan yang terdiri dari petugas lapangan, teknisi pesawat, co-pilot, kapten pilot hingga profesi lainnya. Untuk pilot perempuan berjumlah 39, yang terbagi 31 pilot di Garuda Indonesia dan 8 pilot di Citilink.

Sementara di GMF-Aeroasia memiliki 357 karyawati di mana 97 di antaranya bekerja di lapangan sebagai teknisi dan engineer. Selain itu GMF-Aeroasia juga memiliki lima orang releaseman perempuan yang berlisensi berbagai jenis pesawat yang dikuasainya.

Direktur Produksi Garuda Indonesia Puji Nur Handayani menambahkan pihaknya berharap penerbangan Kartini Flight ini dapat menjadi agenda tahunan sebagai bentuk dan wujud dukungan terhadap RA Kartini.

Berikut personel Kartini Flight; Ida Fiqriah (kapten pilot perempuan pertama GA), Sari Ardisa (first officer (FO/co-pilot), Gloria Saragih (flight service manager), dibantu awak kabin (flight attendant) Sutrisma Lebang, Siena Halim, Meilina Priyanka, Rina Triana. Sedangkan Dessy Purnama Sari dan Pitta merupakan engineer aircraft release. Kemudian Kentala Devi (passenger & baggage leader), Annisa Putri (Loadsheeter), dan Winda Sitepu (ramp dispatcher). (OL-4)

Selain itu, Garuda Indonesia juga memberikan serangkaian program khusus baik melalui promo diskon redeem GarudaMiles 50 persen khusus penumpang wanita yang melakukan redeem milesage di Hari Kartini hingga berbagai promo menarik lainnya. (OL-4)

Komentar