Tujuh Siswa Indonesia Raih Prestasi Sains di Rumania

Jum'at, 22 April 2016 19:59 WIB Penulis:

MI/RAMDANI

PRESTASI membanggakan diraih siswa siswi Indonesia dari Medan sampai Denpasar yang tergabung dalam Tim Indonesia untuk International Conference of Young Scientists (ICYS) 2016 di Cluj-Napoca, Rumania.

Di ajang yang berlangsung pada 16-22 April itu, dari seluruh 7 karya sains Tim Indonesia berhasil meraih 1 medali emas, 1 perak, 4 perunggu, serta 1 penghargaan khusus.

Penghargaan khusus diraih oleh Mas Daffa Muhamad dari SMA Lazuardi GIS Depok dalam bidang Matematika. Mas Daffa meraih dua penghargaan internasional yaitu Special Award bidang matematika dan Sponsor Award.

Adapun emas diraih Wilbert Osmond, siswa SMA Chandra Kusuma, Medan, dalam bidang Computer Science. Ia mengetengahkan karya enkripsi data dengan menggunakan chaos theory.

Sedangkan perak diraih oleh Luh Ayu Nanamy, siswi SMAN 4 Denpasar, dalam bidang Environmental Science, yang mengatasi sampah biji salak dan sampah nanas dengan mengolahnya menjadi kopi salak.

Sementara itu, 4 medali perunggu masing-masing diraih Patricia Tiara, siswi SMA St Alyosius 1 Bandung, dalam bidang Physics Engineering; Isabela Pu Dwi Andini, siswi SMA Trinitas, Bandung, dalam bidang Computer Science; Tania Suradja, siswi SMA St. Laurentia, Tangerang, dan Kadek Adindya Pradnya Putri, keduanya dalam bidang Life Science.

"Selamat kepada putra putri Tim Indonesia ke ICYS 2016 atas prestasi yang membanggakan ini, juga kepada para Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) yang telah berkenan memberikan doa restu saat pemberangkatan Tim Indonesia," ujar Direktur CYS Monika Raharti dalam keterangannya kepada media, Jumat (22/4).

Selain dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud, siswa siswi yang tergabung dalam Tim Indonesia itu sebelumnya juga mendapat bimbingan dari berbagai institusi, antara lain Surya Institute, Surya University, Center for Young Scientists (CYS), Universitas Parahyangan, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para orangtua seluruh siswa siswi yang tergabung di Tim Indonesia dan juga semua pihak yang telah memberikan dukungan untuk kesuksesan ini," imbuh Monika.

Menurut dia, Tim Indonesia tiba kembali di Tanah Air pada Sabtu (23/4) besok. Mereka didampingi tiga team leader yakni Monika, Janto V Sulungbudi, dan Syailendra Harahap. (RO/OL-5)

Komentar