Ekonomi

PGN Perluas Pasokan Gas ke Industri

Selasa, 21 March 2017 10:03 WIB Penulis: MI

Antara/Audy Alwi

PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk semakin memperluas pasokan gas bumi ke berbagai daerah. Penyaluran gas tidak hanya dilakukan secara konvensional, yakni melalui jaringan pipa gas, tetapi juga dalam bentuk gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG). Salah satu konsumen yang mendapat pasokan PGN ialah pabrik roti di Semarang, Jawa Tengah. “PGN baru saja memasok gas bumi ke PT Nippon Indosari Corporindo. Pabrik ini memproduksi roti dengan merek Sari Roti,” kata Sales Area Head Semarang PGN Edy Sukamto melalui keterangan resmi, kemarin.

Untuk tahap awal, Nippon Indosari Corporindo akan menggunakan gas bumi PGN untuk peralatan boiler. Kemudian di tahun berikutnya gas bumi akan digunakan untuk peralatan oven untuk produksi roti.

“Diperkirakan, konsumsi gas bumi di pabrik roti ini untuk tahap awal sekitar 8.000 meter kubik (m3) per bulan. Tahun selanjutnya karena gas buminya akan digunakan untuk oven, diperkirakan konsumsi gas buminya naik sekitar 30 ribu-40 ribu m3 per bulan,” jelasnya.

Edy menambahkan PGN memasok gas bumi ke Nippon Indosari Corporindo dalam bentuk CNG.

“Gas bumi kami olah menjadi CNG, lalu oleh PGN diangkut ke Wijaya Kusuma menggunakan armada truk CNG sehingga industri-industri di Semarang bisa segera menikmati,” tuturnya.

Vice President Corporate Communication of PGN Irwan Andri Atmanto menambahkan, sebelum menggunakan gas bumi PGN, pabrik ini memakai liquefied petroleum gas (LPG) dengan konsumsi sekitar 7.000-10 ribu m3 per bulan.

Dengan mengganti bahan bakar dari LPG ke gas bumi CNG, pabrik roti Sari Roti di Semarang dapat menghemat pengeluaran bahan bakar 50%. (Tes/E-1)

Komentar