Olahraga

Wasit Ghana Disanksi Seumur Hidup

Selasa, 21 March 2017 10:10 WIB Penulis: Nurul Fadillah

Joseph Lamptey -- goal.com

WASIT asal Ghana, Joseph Lamptey dijatuhi sanksi hukuman seumur hidup, untuk tidak lagi memimpin pertandingan, dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Hukuman tidak boleh lagi menjadi hakim lapangan tersebut diberikan karena Lamptey telah memanipulasi pertandingan saat babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Afrika Selatan dengan Senegal.

Pada pertandingan yang berlangsung November tahun lalu tersebut, Afrika Selatan keluar sebagai juara dengan kemenangan tipis 2-1. Saat pertandingan berlangsung, Lamptey pun memberikan penalti bagi bek Kalidou Koulibaly atas tuduhan bola yang mengenai tangan Koulibaly.

Namun, saat video rekaman diputar ulang, bola ternyata mengenai lutut Koulibaly. Salah satu sumber dari FIFA mengatakan, pihaknya akan menjelaskan lebih detil terkait kasus Lamptey. "Kami akan menjelaskannya saat keputusan benar-benar sudah final dan mengikat," ujar sumber tersebut.

Kini, Lamptey bisa mengajukan banding ke FIFA dan Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS). Selain Lamptey, asistennya yang berasal dari Ghana, David Laryea juga diberhentikan oleh komite disiplin FIFA dari jabatannya sebagai assisten wasit dengan tuduhan serupa. (OL-3)

Komentar