Nusantara

Daerah Diminta Cepat Tanggap Atasi Masalah Keagamaan

Selasa, 21 March 2017 11:20 WIB Penulis: DW

Wakil Gubernur Sumatra Selatan, Ishak Mekki -- MI/Dwi Apriani

TERBERAINYA persatuan bangsa saat ini, dominasi diakibatkan karena adanya perselisihan di segala hal. Termasuk salah satunya, perbedaan pola pikir dan perbedaan keyakinan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan menginginkan agar semua pemimpin dan tokoh-tokoh masyarakat di daerah dapat
mengambil upaya cepat tanggap dalam mengatasi masalah yang timbul.

Wakil Gubernur Sumatra Selatan, Ishak Mekki mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah juga termasuk perwakilan Kementerian Agama di daerah agar cepat tanggap mengatasi permasalahan terkait keagamaan, serta memberikan solusi agar tidak menimbukan perselisihan-perselisihan yang tidak diinginkan.

Menurut Ishak Mekki, keberadaan Kanwil Kemenag di setiap kabupaten/kota merupakan ujung tombah penanganan pemasalahan di bidang keagamaan. Sehingga harus memiliki nilai lebih, karena membawa langsung lebel agama.

"Sekarang ini bisa dikatakan terjadi kemerosotan moral disebagian para anak muda penerus bangsa, jadi reformasi mental sebagian besar adalah tugas Kanwil Kemenag," ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat ini program Kanwil Kemenag Sumsel sudah selaras dengan pembangunan di bidang keagamaan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumsel. Untuk itu, ia mengapresiasi Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel yang dinilai telah mendukung penuh pembangunan Sumsel.

Menurutnya, bisa dikatakan saat ini orang yang pintar banyak, namun orang yang jujur masih sangat sulit. Untuk itu menjadi salah satu tugas Kanwil Kemenag di daerah mendidik masyarakat khususnya generasi penerus bangsa agar memiliki moral mulia.

"Program Kanwil Kemenag Sumsel dalam menjaga persatuan di Sumsel saat ini pastinya sudah berjalan baik. Bahkan jajaran Kanwil Kemenag sendiri sering turun langsung ke daerah-daerah dan aktif langsung diberbagai organisasi keagamaan," ujarnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel HM Alfajri Zabidi mengatakan, membangunan suatu wilayah tidaklah mudah dan tidak akan berjalan sukses tanpa didukung penuh semua pihak. Sama halnya juga jika hanya melaksanakan pembangunan fisik semata tanpa disertai pembangunan di bidang kerohanian atau keagamaan, tentunya akan terasa timpang.

"Untuk itu, Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel melalui program kerja yang dijalankan bertekat membumikan Al-Quran guna mendukung suksesnya pembangunan disegala bidang yang dilaksanakan Pemerintah Sumatra Selatan," tandasnya.(OL-5)

Komentar