Video

Jokowi: Siapapun yang Terpilih Harus Diterima

PUTARAN kedua pemilihan gubernur DKI Jakarta telah selesai dilaksanakan. Tidak ketinggalan, orang nomor 1 di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya untuk DKI. Ditemani istrinya, Iriana, Jokowi hadir di TPS 4 yang berlokasi di Gambir Jakarta Pusat sekitar pukul 11:00 WIB menggunakan mobil kepresidenan.

Usai mencoblos Jokowi berpesan bahwa semua pihak harus menghormati hasil pilkada DKI apapun hasilnya nanti. Dirinya pun mengapresiasi proses pemungutan suara yang berjalan lancar.

"Proses Pilkada DKI Jakarta ini akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin DKI Jakarta yang terbaik yang terpercaya"

Presiden juga berharap perbedaan pilihan politik di Pilgub lalu tidak sampai memecah belah.

"Perbedaan pemilihan politik jangan sampai memecah belah karena kita ingat kita semua bersaudara apa pun hasilnya, siapa pun yang terpilih, harus kita terima dengan lapang dada. Terima kasih," tutur Jokowi.


Suara Paslon

Pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Anies Baswedan menyampaikan hak suaranya di TPS 28 kawasan Cilandak Barat, Jakarta selatan. Baswedan yang hadir sekitar pukul 10.15 WIB itu hadir didampingi istri Fery Farhati Ganis dan anaknya Mutiara Annisa Baswedan.

Di TPS itu Anies memperoleh 396 suara, sementara lawannya sang calon petahana Basuki Tjahaja Purnama hanya memperoleh 195 suara. Total ada 715 warga yang terdaftar sebagai DPT, namun hanya 596 warga yang menggunakan hak pilihnya. Dari jumlah itu, sebanyak lima surat suara dinyatakan tidak sah.

"Semoga berjalan damai, aman dan lancar. Tidak boleh ada suasana yang membuat keresahan dan ketegangan," tuturnya.

Di tempat terpisah, pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat merajai perhitungan suara di TPS tempat Ahok mencoblos. Dari catatan hasil perolehan suara di TPS 054, Pluit, Jakarta Utara, Ahok-Djarot mendapat suara 400 suara. Sementara pasangan Anies Baswedan-

Sandiaga Uno mendapat jumlah tiga suara. Kemudian jumlah suara tidak sah hanya satu suara.

Hitung Cepat

Berdasarkan hasil quick count dari lembaga survei SMRC pasangan calon nomor urut 3 Anies-Sandiaga unggul dengan perolehan suara sebesar 58%, sedangkan pasangan calon nomor urut 2 Ahok-Djarot hanya memperoleh suara sekitar 42%. (Uta/Zen)