Peneliti dari Amerika Serikat Menemukan, laki-laki yang mengkonsumsi "> Peneliti dari Amerika Serikat Menemukan, laki-laki yang mengkonsumsi , hidup sehat, sex, cantik, kesehatan, makanan, gaya hidup, terapi penyakit, info obat, pengobatan alternatif, jurnal kesehatan, berita, aktual, editorial, politik, kriminal, olahraga, polkam, ekonomi, hukum, nusantara, jabotabek, sains, teknologi, keamanan, hiburan, entertain, artist, sby, lapindo, internasional, tsunami, gempa, gempa bumi, longsor, pariwisata, sepakbola, humaniora, asian games, sea games, olimpiade, pemilu, pilkada, gubernur, kepala daerah, bupati, wali kota, walikota, dpr, mpr, menteri, negara, presiden, wapres, kala, metrotv, paloh, surya paloh">
Kamis, 12 Maret 2009 13:00 WIB
Kelebihan Asam Folik Tingkatkan Risiko Kanker Prostat
Penulis : Ikarowina Tarigan

CETAK

KIRIM

DIGG

FACEBOOK

Kelebihan Asam Folik Tingkatkan Risiko Kanker Prostat

www.thedailygreen.com

Peneliti dari Amerika Serikat Menemukan, laki-laki yang mengkonsumsi suplemen asam folik mengalami peningkatan risiko alami kanker prostat.

Studi ini menunjukkan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi suplemen asam folik setiap hari selama 10 tahun memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar terdiagnosa mengalami kanker prostat dibandingkan dengan laki-laki yang menggunakan placebo.

Asam folik membantu tubuh membuat sel-sel sehat yang baru, dan mengkonsumsi asam folik yang cukup sangat penting bagi perempuan sebelum dan selama masa kehamilan untuk mencegah cacat lahir yang serius seperti spina bifida.

Tetapi, penelitian sebelumnya telah menemukan bukti yang berlawanan mengenai asam folik dan kanker prostat.

Jane Figueiredo dari University of Southern California dan teman-temannya memeriksa 643 laki-laki yang mengkonsumsi suplemen asam folik sebanyak 1 miligram sehari atau placebo.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di the Journal of the National Cancer Institute ini, Laki-laki dalam studi tersebut yang mengkonsumsi suplemen asam folik mempunyai risiko 9.7% terdiagnosa kanker prostat setelah 10 tahun, dibandingkan dengan risiko 3.3% pada laki-laki yang mengkonsumsi placebo.

Melihat risiko kanker prostat bukanlah tujuan awal penelitian tersebut. Data dari penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi suplemen asam folik memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami polyp (sejenis tumor) yang bisa menyebabkan terjadinya kanker kolon dan aspirin bisa menghilangkan risiko tersebut.

Asam folik atau folat adalah vitamin B yang ditemukan pada makanan seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, kacang kedelai, kacang-kacangan serta sereal.

 "Kita tahu bahwa folat dalam jumlah cukup sangat penting untuk mencegah beberapa jenis kanker, penyakit kardiovaskular dan penyakit neurologi," ujar Figueiredo.

 "Kadar folat yang cukup mungkin menguntungkan, tetapi terlalu banyak folat tidak akan menguntungkan," tambahnya.

Kanker prostat membunuh sekitar 254.000 laki-laki per tahun secara global, termasuk 29.000 laki-laki di Amerika Serikat. Kanker ini merupakan jenis kanker nomor 2 yang paling sering dijumpai pada laki-laki.
MORE INFO
Rabu, 23 Mei 2012 09:30 WIB
Minggu, 13 Mei 2012 12:15 WIB
Minggu, 13 Mei 2012 09:00 WIB
Kamis, 10 Mei 2012 16:00 WIB
Rabu, 09 Mei 2012 13:15 WIB
Rabu, 09 Mei 2012 09:00 WIB
Minggu, 06 Mei 2012 13:00 WIB
Selasa, 01 Mei 2012 09:00 WIB
Minggu, 15 April 2012 12:45 WIB
Jumat, 13 April 2012 16:10 WIB
Selasa, 10 April 2012 12:30 WIB
Senin, 09 April 2012 16:50 WIB
image image image image image