Senin, 04 Mei 2009 10:00 WIB
Panjang Umur dengan Sedikit Alkohol
Penulis : Ikarowina Tarigan

CETAK

KIRIM

DIGG

FACEBOOK

Panjang_Umur_dengan_Sedikit_Alkohol

thelobby.com

PERNYATAAN kalau alkohol tidak baik bagi kesehatan tidaklah sepenuhnya benar. Alkohol bisa bermanfaat bagi kesehatan, tentu saja dalam jumlah yang tidak berlebih. Sebuah studi dari Belanda menemukan, konsumsi sedikit alkohol setiap hari bisa meningkatkan angka harapan hidup. Caranya, kurangilah segelas anggur Anda menjadi setengah gelas per harinya.

Menurut peneliti, minum hingga setengah gelas anggur per hari bisa memperpanjang angka harapan hidup, setidaknya pada laki-laki usia pertengahan, hingga 5 tahun dibandingkan dengan laki-laki yang tidak minum alkohol. Tetapi, terang peneliti, angka harapan hidup laki-laki yang mengkonsumsi lebih dari 20 gram alkohol per hari, sedikit lebih rendah.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health edisi terbaru, peneliti mempelajari data dari 1.373 laki-laki yang dipilih secara acak. Kesehatan kardiovaskular dan angka harapan hidup partisipan ini di usia 50 dimonitor secara berulang diantara tahun 1960 dan 2000. Partisipan ini lahir antara tahun 1900 dan 1920.

Para peneliti juga memperhatikan dampak dari berbagai jenis minuman seperti konsumsi bir dan minuman keras, serta diet, kebiasaan merokok, dan kesehatan mereka secara umum. Para partisipan ditanyai mengenai jumlah alkohol yang diminum, diminum dalam bentuk apa dan untuk jangka waktu berapa lama, serta apakah mereka merokok atau mempunyai penyakit serius.

Hasil penelitian menunjukkan, minum sedikit alkohol (hingga 20 gram) semua jenis dalam jangka waktu lama, memperpanjang angka harapan hidup hingga 2 tahun dibandingkan dengan laki-laki yang tidak minum alkohol. Tetapi, lanjut peneliti, anggur merupakan pilihan yang terbaik.

Laki-laki yang hanya minum anggur kurang dari 1/2 gelas, hidup 2 1/2 tahun lebih lama dibandingkan dengan mereka yang minum bir atau minuman lainnya. Angka harapan hidup mereka bahkan 5 tahun lebih lama dibandingkan dengan laki-laki yang tidak minum alkohol sama sekali.

Anggur, terang peneliti, berkaitan erat dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner serta kematian akibat semua penyakit. Selama 40 tahun masa monitoring, 1.130 dari 1.373 partisipan meninggal dunia. Lebih dari setengah kematian ini diakibatkan oleh penyakit kardiovaskular.

Dampak positif dari minum alkohol benar adanya terlepas dari diet dan gaya hidup lainnya serta tingkat sosial ekonomi.

"Setahu kami, studi ini merupakan studi pertama yang mempelajari dampak asupan alkohol dengan takaran tertentu serta jenis minuman alkohol tertentu terhadap angka harapan hidup," terang penulis studi seperti dikutip situs webmd. Studi lanjutan, terang dia, juga masih diperlukan.




MORE INFO
Senin, 21 Mei 2012 12:30 WIB
Rabu, 16 Mei 2012 13:20 WIB
Kamis, 10 Mei 2012 09:10 WIB
05 Mei 2012 15:35 WIB
05 Mei 2012 13:00 WIB
Rabu, 02 Mei 2012 14:00 WIB
Selasa, 01 Mei 2012 12:45 WIB
28 April 2012 13:10 WIB
Rabu, 25 April 2012 15:40 WIB
Selasa, 24 April 2012 15:00 WIB
Selasa, 24 April 2012 09:15 WIB
Selasa, 17 April 2012 14:00 WIB
image image image image image