Senin, 01 Maret 2010 11:30 WIB
Kalsium Susu Bakar Lemak Lebih Cepat
Penulis : Ikarowina Tarigan

CETAK

KIRIM

DIGG

FACEBOOK

Kalsium Susu Bakar Lemak Lebih Cepat

shapeshifters-co-nz.com

TEMUAN sebelumnya menyatakan bahwa kandungan kalsium di dalam produk susu bisa mempercepat penurunan berat badan. Akan tetapi, studi baru-baru ini menentang pernyataan tersebut.

Dalam studinya, peneliti dari Mayo Clinic memeriksa efek kalsium terhadap 72 laki-laki yang kelebihan berat badan. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok dan diminta mengikuti diet rendah kalori.

Satu kelompok menerima 800 mg kalsium dan kelompok kedua menerima 1.400 mg kalsium. Kedua kelompok menurunkan berat badan yang sama, 10 kg setahun.

Studi dari University of Vermont juga hampir mengungkap hal yang sama. Meskipun 50 persen partisipan menerima 500 mg kalsium dari produk susu sehari dan sisanya mendapatkan sekitar 1.200 hingga 1.400, semua menurunkan berat badan rata-rata 11 kg.

Penelitian sebelumnya. Penelitian sebelumnya, seperti diuraikan situs prevention.com, menunjukkan bahwa produk susu bisa membantu menurunkan berat badan. Dalam studi dari University of Tennesee, Knoxville, peneliti menempatkan 32 partisipan dewasa yang obesitas dalam satu dari tiga diet berikut: diet rendah kalsium (400 mg sehari dari makanan), diet tinggi kalsium (800 mg tambahan dari suplemen) atau diet tinggi produk susu (1.200 mg, semua dari makanan).

Setelah enam bulan peneliti menemukan, partisipan dari kelompok diet tinggi produk susu menurunkan berat badan sebanyak 12 kg. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan partisipan dari kelompok suplemen (9,5 kg) dan kelompok yang paling sedikit mendapatkan kalsium (7,5 kg).

Apakah susu bisa membantu? Menurut Amanda MacMillan, editor prevention, pada dasarnya produk susu bisa membantu menurunkan berat badan. Dalam studi dari Mayo Clinic, terang MacMillan, partisipan dari kelompok diet rendah kalsium juga mengalami penurunan berat badan yang signifikan karena asupan kalsium mereka juga relatif tinggi (800 mg). Pada faktanya, banyak pelaku diet yang hanya mengonsumsi 200 mg kalsium sehari. Dalam kondisi ini, produk susu tentu bisa memaksimalkan hasil.

Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa kalsium dalam produk susu membantu memetabolisme kalori dan membakar lemak dengan lebih cepat. Terlepas dari itu, kalsium dinyatakan berfungsi melindungi jantung dan tulang. Jadi, baik sedang diet atau tidak, upayakan mengonsumsi tiga takar produk susu sehari. Anda bisa mendapatkannya dari keju rendah lemak, yogurt atau susu. (IK/OL-08)

 


KOMENTAR
Nama :
E-mail :
Judul Komentar :
Komentar :
   
23-03-2010 14:28:33 WIB
Oleh: nink
menghilangkan Lemak perut

Bagamana cara cepat menghilangkan lemak perut......???




01-03-2010 12:43:51 WIB
Oleh: endah
kalsium susu

ternyata kalsium susu tidak berguna untuk tulang & gigi saja




MORE INFO
Kamis, 09 Februari 2012 09:05 WIB
Rabu, 08 Februari 2012 09:30 WIB
04 Februari 2012 10:15 WIB
Jumat, 03 Februari 2012 16:50 WIB
Kamis, 02 Februari 2012 14:50 WIB
Rabu, 01 Februari 2012 12:30 WIB
Selasa, 31 Januari 2012 12:15 WIB
Minggu, 29 Januari 2012 12:30 WIB
28 Januari 2012 09:30 WIB
Jumat, 27 Januari 2012 09:00 WIB
Kamis, 26 Januari 2012 16:10 WIB
Kamis, 26 Januari 2012 12:15 WIB
image image image image image