Minggu, 04 Juli 2010 11:01 WIB
2,5 Kaleng Soda Picu Hipertensi
Penulis : Ikarowina Tarigan

CETAK

KIRIM

DIGG

FACEBOOK

25 Kaleng Soda Picu Hipertensi

cafemomstatic.com

TERLALU banyak konsumsi garam bisa meningkatkan tekanan darah. Hal yang sama, menurut temuan studi terbaru, juga berlaku pada konsumsi gula dan soda berlebih.

Orang-orang yang mengonsumsi diet tinggi fruktosa (satu tipe gula dan komponen utama dalam sirup jagung tinggi fruktosa), menurut studi yang dipublikasikan di Journal of the American Society of Nephrology ini, berisiko lebih besar menderita hipertensi.

Minum 2,5 kaleng atau lebih soda nondiet per hari atau mengonsumsi fruktosa dari makanan lain dalam jumlah yang sama, menurut temuan peneliti, meningkatkan risiko hipertensi hingga 30 persen. Peningkatan risiko ini, terang peneliti, terlepas dari faktor diet lainnya, termasuk konsumsi sodium, karbohidrat dan asupan kalori secara umum.

Dalam studi ini, peneliti fokus pada makanan tinggi frutosa dan gula tambahan lainnya, seperti soda, sari buah, kue, permen dan cokelat. Meskipun fruktosa secara alami terkandung dalam buah-bauhan, peneliti tidak menyertakan buah. Pasalnya, buah mengandung nutrisi-nutrisi lain yang sulit diukur.

"Sirup jagung tinggi fruktosa ada di mana-mana," terang penulis studi Michel Chonchol MD, seperti dikutip situs health.com, Kamis (1/7).

Chonchol dan teman-temannya menganalisis diet dan tekanan darah dari 4.500 warga dewasa Amerika Serikat. Semua partisipan tidak memiliki sejarah hipertensi. Data yang digunakan dalam studi dikumpulkan dalam survei nasional selama periode empat tahun oleh Centers for Disease Control and Prevention. Data juga menyediakan informasi mengenai ukuran kesehatan seperti aktivitas fisik dan indeks massa tubuh.

Peneliti memperkirakan asupan fruktosa setiap orang dengan menggunakan kuesioner mengenai diet dan informasi nutrisi dari U.S. Department of Agriculture. Asupan fruktosa rata-rata adalah 74 gram per hari (setara dengan 2,5 kaleng soda).

Orang-orang yang mengonsumsi lebih dari jumlah rata-rata ini, terang peneliti, lebih rentan menderita hipertensi dibandingkan orang-orang yang mengonsumsi kurang dari jumlah ini. Konsumsi fruktosa di atas jumlah rata-rata meningkatkan tekanan darah hingga di atas 140/90 dan 160/100 mmHg. Ukuran tekanan darah normal adalah 120/80 atau lebih rendah. Sedang tekanan darah di atas 140/90 termasuk kategori tinggi. (IK/OL-06)
MORE INFO
Senin, 21 Mei 2012 12:30 WIB
Rabu, 16 Mei 2012 13:20 WIB
Kamis, 10 Mei 2012 09:10 WIB
05 Mei 2012 15:35 WIB
05 Mei 2012 13:00 WIB
Rabu, 02 Mei 2012 14:00 WIB
Selasa, 01 Mei 2012 12:45 WIB
28 April 2012 13:10 WIB
Rabu, 25 April 2012 15:40 WIB
Selasa, 24 April 2012 15:00 WIB
Selasa, 24 April 2012 09:15 WIB
Selasa, 17 April 2012 14:00 WIB
image image image image image