Senin, 11 Juli 2011 12:15 WIB
Teh Hijau Berlebihan Bahayakan Hati
Penulis : Prita Daneswari

CETAK

KIRIM

DIGG

FACEBOOK

Teh Hijau Berlebihan Bahayakan Hati

sxc.hu

MINUM teh hijau memang dapat memangkas jumlah kolestrol 'buruk' di dalam tubuh tanpa menganggu kolesterol 'baik'. Inilah yang menjadi banyak alasan mengapa banyak orang menggemari minuman tersebut.

"Analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa minuman atau ekstrak teh hijau memang menghasilkan pengurangan signifikan dalam serum total kolesterol dan kolesterol LDL, tapi tidak berpengaruh pada kolesterol HDL," tulis Xin-Xin Zheng dan rekannya dari Peking Union Medical College di Beijing dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Efek penurunan kolesterol dari teh hijau mungkin disebabkan catechin, yakni zat yang mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus, kata para peneliti. Namun, penurunan ini terhitung cukup kecil, kata Nathan Wong, yang menjalankan program pencegahan penyakit jantung di University of California, Irvine.

Untuk itu, ulasnya, teh hijau sebaiknya tidak direkomendasikan dalam penggunaan obat-obatan penurun kolesterol untuk pasien dengan kolesterol tinggi," katanya kepada Reuters Health, Kamis (7/7).

Beberapa peneliti pun telah menyampaikan keprihatinan atas efek samping yang mungkin timbul akibat mengonsumsi terlalu banyak teh hijau. Sebelumnya, telah muncul laporan adanya kasus kerusakan hati dan teh hijau juga dapat mengurangi efektivitas beberapa obat.

Namun, Wong mengatakan bahwa minum teh hijau dalam jumlah sedikit bisa berguna untuk menyehatkan jantung, terlebih dengan efeknya terhadap kolesterol. Teh hijau juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker serta risiko kematian akibat pneumonia. (Pri/OL-06)


MORE INFO
Rabu, 23 Mei 2012 15:10 WIB
Jumat, 18 Mei 2012 09:30 WIB
Rabu, 16 Mei 2012 12:11 WIB
Selasa, 15 Mei 2012 14:15 WIB
Selasa, 15 Mei 2012 12:13 WIB
Minggu, 13 Mei 2012 16:00 WIB
Jumat, 11 Mei 2012 12:30 WIB
Jumat, 11 Mei 2012 09:15 WIB
Senin, 07 Mei 2012 10:00 WIB
Minggu, 06 Mei 2012 10:00 WIB
Jumat, 04 Mei 2012 09:30 WIB
Rabu, 02 Mei 2012 09:00 WIB
image image image image image