Jumat, 18 November 2011 16:25 WIB
Kiwi Efektif Turunkan Tekanan Darah
Penulis : Prita Daneswari

CETAK

KIRIM

DIGG

FACEBOOK

Kiwi Efektif Turunkan Tekanan Darah

MI/ADAM DWI

SEBUTIR apel sehari memang bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit, tetapi tiga kiwi lebih mampu secara efektif menurunkan tekanan darah lho.

Sebuah studi pada pertemuan ilmiah American Heart Association di Orlando, Selasa (15/11), menemukan bahwa makan ini tiga kali sehari terkait dengan penurunan tekanan darah.

Adapun tekanan darah tinggi selama ini dianggap sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung yang masih merupakan pembunuh nomor wahid di dunia. Penelitian selama delapan minggu yang dipimpin oleh Mette Svendsen Oslo University Hospital di Norwegia ini melibatkan 118 subjek dengan usia rata-rata 55 tahun dengan tekanan darah agak tinggi.

Satu kelompok partisipan diminta mengonsumsi tiga kiwi untuk diet sehari-hari mereka, sedangkan separuh lainnya memakan sebutir apel sehari. Kiwi diketahui mengandung lutein yang memiliki sifat antioksidan.

Setelah delapan minggu, peneliti menemukan pada kelompok pemakan kiwi tingkat sistoliknya selama 24 jam menunjukkan tekanan darah rata-rata 3,6 milimeter lebih rendah jika dibandingkan dengan pemakan apel.

Sistolik adalah tekanan dalam arteri yang terjadi saat dipompanya darah dari jantung ke seluruh tubuh. Adapun diastolik yaitu sisa tekanan dalam arteri saat jantung beristirahat. Tekanan darah diastolik juga lebih rendah pada kelompok kiwi. Meski begitu, para peneliti merekomendasikan bahwa temuan ini harus dikonfirmasi dengan penelitian dalam skala yang lebih besar.(Pri/X-13)
MORE INFO
Rabu, 23 Mei 2012 15:10 WIB
Jumat, 18 Mei 2012 09:30 WIB
Rabu, 16 Mei 2012 12:11 WIB
Selasa, 15 Mei 2012 14:15 WIB
Selasa, 15 Mei 2012 12:13 WIB
Minggu, 13 Mei 2012 16:00 WIB
Jumat, 11 Mei 2012 12:30 WIB
Jumat, 11 Mei 2012 09:15 WIB
Senin, 07 Mei 2012 10:00 WIB
Minggu, 06 Mei 2012 10:00 WIB
Jumat, 04 Mei 2012 09:30 WIB
Rabu, 02 Mei 2012 09:00 WIB
image image image image image