Megapolitan

Soal Anggaran, Anies Ingin Gerak Cepat

Jum'at, 21 April 2017 21:12 WIB Penulis: Deni Aryanto

ANTARA/Hafidz Mubarak A

CALON Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sudah mulai menyusun rencana program kerja ke dalam APBD Perubahan 2017 dan Rancangan APBD 2018 kendati hasil resmi perolehan keunggulan suara dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta belum diumumkan KPU DKI.

Anies langsung membuat rumusan program kerja ke dalam bentuk anggaran. Langkah itu guna mempersiapkan perannya mengawali jabatan sebagai pemimpin baru Jakarta untuk menjalankan program pembangunan jangka pendek maupun menengah.

"Saya ingin kerja cepat. Soal anggaran enggak bisa terlambat, harus langsung," ujar Anies di Bukit Duri, Jakarta Selatan, Jumat (21/4).

Sehari sebelumnya, Anies mendatangi Balai Kota DKI Jakarta untuk bertemu dengan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Selain bersilaturahim, pertemuan keduanya membahas penyusunan program kerja ke dalam APBD Perubahan dan RAPBD.

Dengan waktu yang hanya tersisa selama enam bulan saja, penyusunan draft APBD Perubahan 2017 memang harus dilakukan. Untuk itu dirasa perlu adanya pembahasan bersama antara keduanya. APBD 2017 sebelumnya dirumuskan Ahok selaku pimpinan daerah.

Dalam perumusan APBD Perubahan 2017, perlu masukan dari Anies Baswedan sebagai pengganti Gubernur DKI Jakarta sebelumnya untuk memimpin kebijakan dua bulan pasca-dilantik hingga akhir tahun ini.
"Kita akan siapkan program-programnya," kata Anies.

Saat masa kampanye, ada 23 janji kerja yang ditawarkan Anies - Sandiaga. Dari puluhan program itu, mereka harus memetakan mana kegiatan pembangunan yang bersifat mendesak ke dalam APBD Perubahan 2017 atau masuk program RAPBD 2018.

"Untuk RAPBD tahun depan sebentar lagi juga harus sudah dibahas. penyusunan anggaran harus cepat, supaya dapat langsung merealisasikan program kerja," terangnya.

Ditanya program-program apa saja yang segera disusun dalam APBD Perubahan 2017, Anies belum dapat memaparkan secara rinci. Saat ini proses tersebut masih harus dibahas oleh pihak terkait. Dalam waktu dekat, tim penyusun anggaran yang baru akan lakukan pembahasan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna keperluan tersebut.

"Tim anggaran kita yang bertugas menyusun (program kerja) itu. Kita siapkan penerjemahannya," pungkas Anies. (X-12)

Komentar