Polkam dan HAM

27 Juni 2018 Jadwal Pilkada Serentak 2018

Jum'at, 21 April 2017 22:40 WIB Penulis: Putri Anisa Yuliani

ANTARA/Rivan Awal Lingga

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 27 Juni 2018 sebagai jadwal pemungutan suara pada pilkada serentak.

Ada 171 daerah yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut. Perinciannya terdiri dari 17 provinsi menggelar pemilihan gubernur, 115 kabupaten menggelar pemilihan bupati, dan 39 kota yang akan memilih wali kota.

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, KPU kini sedang dalam tahap penyusunan peraturan KPU (PKPU) yang akan mengatur mekanisme dan tahapan Pilkada Serentak 2018.

''Jadwal ditetapkan supaya tidak berbentrokan dengan perayaan Idul Fitri. Nanti akan kita bawa ke DPR untuk didiskusikan,'' ujar Arief, Jumat (21/4).

Pembahasan jadwal Pilkada Serentak 2018 dengan DPR direncanakan dilaksanakan pada pekan depan. Sebelum menjadi PKPU, KPU juga membuat simulasi draf PKPU terkait tahapan Pilkada 2018. Namun, draf itu rencananya belum akan langsung dikonsultasikan dengan DPR pada pembahasan pekan depan. Karena draf itu hanya sebagai acuan awal yang perlu dilakukan uji publik terlebih dulu.

Uji publik pun harus dilakukan. Hal itu dalam rangka mendapat masukan serta kritikan untuk penyusunan teknis penyelenggaraan Pilkada Serentak dari pihak terkait, termasuk masyarakat dan penggiat pemilu.

''Nanti ada uji publik mungkin juga diskusi grup terfokus. Setelah firm, baru kita bawa ke DPR,'' ungkapnya. (OL-4)

Komentar