Megapolitan

Tim Sinkronisasi Anies-Sandi Minta Programnya Masuk RKPD 2018

Senin, 15 May 2017 20:38 WIB Penulis: Intan Fauzi

ANTARA

GUBERNUR dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menginginkan program yang dijanjikan keduanya dapat dimasukan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018.

Meski, RKPD tersebut masih menjadi wewenang dan tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Pelaksana tugas (Plt) DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Anies-Sandi berusaha melakukannya dengan membentuk tim sinkronisasi. Tim yang diketuai Sudirman Said itu akan membantu menjembatani janji Anies-Sandi dengan RKPD yang sedang disusun Djarot.

"Bagaimana caranya janji kampanye masuk dalam RKPD tahun 2018. Syukur-syukur bisa sebagian masuk (APBD Perubahan) 2017," kata Sudirman di Rumah Aspirasi, Jalan Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (15/5).

Tapi, lanjut Sudirman, yang juga penting adalah realisasi 23 janji Anies-Sandi ke depan sampai dengan 2022. Sementara, RKPD 2018 sendiri akan diteken Djarot akhir Mei ini.

Menurut Sudirman, penandatanganan RKPD dalam waktu dekat bukan kendala. Program Anies-Sandi masih bisa diselipkan sebelum APBD 2018 disetujui DPRD DKI.

"Kan diketok di DPRD dan waktunya masih cukup karena biasanya keputusan DPRD itu dilakukan di bulan-bulan terakhir tahun anggaran sebelumnya," ujar Sudirman.

Kendati demikian, Sudirman menyadari keinginan itu sulit terlaksana kalau tidak ada lampu hijau dari Djarot. Kalau Djarot sudah menyetujui, barulah tim sinkronisasi akan mengintegrasikan program Anies-Sandi dengan setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Tapi secara informal kita sudah bicara dengan teman-teman di DPRD untuk mensinkronkan tahapan itu," tuturnya.

Mengenai 23 janji Anies-Sandi, mantan Menteri ESDM itu bilang, program yang kemungkinan besar bisa direalisasikan dalam waktu dekat ialah program OK OCE dan rumah DP 0%.

"Program OK OCE bisa dimulai tapi selesainya bukan sebulan dua bulan kan. Kemudian kajian DP 0 rupiah mungkin regulasinya bisa dimulai tapi pelaksanaannya butuh waktu," jelas dia. (OL-6)

Komentar