Megapolitan

Foto Syur Firza Husein Bukan Rekayasa

Senin, 15 May 2017 21:25 WIB Penulis: Nicky Aulia Widadio

Ist

FOTO syur Firza Husein yang beredar melalui laman 'Balada Cinta Rizieq' adalah asli dan bukan rekayasa. Hal ini dibuktikan melalui sistem berbasis algoritma geometrik wajah.

"Dari pengamatan secara mendetail, disimpulkan bahwa foto yang diserahkan penyidik untuk diperiksa di Tim Inafis Bareskrim Polri adalah asli, bukan rekayasa," kata saksi ahli face recognition dari Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Hery Cahyono di Markas Polda Metro Jaya, Senin (15/5).

Tim Inafis telah membandingkan foto wajah Firza antara yang beredar di media sosial dengan foto yang diambil saat pemeriksaan dia di Mako Brimob pada 4 Februari lalu. Meski kurang kooperatif, penyidik mendapat delapan foto Firza dengan angle yang berbeda.

Pada foto tersebut Firza mengenakan kerudung, sementara pada foto yang beredar tidak. Meski begitu, sistem tetap menyatakan hasilnya cocok.

Ia menjelaskan bahwa dalam sistem face recognition ini, ketika foto Firza diinput maka akan keluar berikut identitasnya.

"Kalau enggak matching enggak keluar datanya. Makanya saya yakin," tuturnya. (OL-4)

Komentar