Ekonomi

Indonesia Raih Investment Grade dari S&P

Jum'at, 19 May 2017 16:44 WIB Penulis: Dwi Tupani

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PEMERINTAH Indonesia akhirnya mendapat peringkat kelayakan investasi (investment grade), dari lembaga internasional Standard and Poor's (S&P).

Dalam keterangan S&P yang dirilis pada Jumat (19/5), S&P menaikkan peringkat utang Indonesia BB+ menjadi BBB- yang berarti sudah masuk investment grade. Kenaikan peringkat ini diberikan karena perbaikan sejumlah indikator perekonomian dan juga proyeksi ekonomi Indonesia ke depan.

"Fokus baru pemerintah pada penganggaran yang realistis telah menurunkan risiko bahwa defisit anggaran akan melebar secara signifikan saat pendapatan pemerintah mengecewakan," kata S&P.

Peningkatan tersebut mencerminkan, "Penilaian kami terhadap pengurangan risiko terhadap metrik fiskal Indonesia," tambah lembaga tersebut.

Peningkatan peringkat Indonesia dari S&P tersebut sejalan dengan dua perusahaan pemeringkat utama lainnya, Moody's dan Fitch Rating yang telah sebelumnya memberikan peringkat layak investasi ke Indonesia.

Seperti dilansir Bloomberg, Jumat (19/56), kenaikan peringkat tersebut akan membuka jalan masuknya dana lebih ke dalam ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Saham melonjak ke rekor dan rupiah menguat.

Usai pengumuman S&P tersebut, indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia naik 3,2% ke rekor 5.825,2, menyumbangkan kenaikan indeks sepanjang tahun ini yang mendekati 10%. Nilai tukar rupiah tercatat naik 03%, setelah sebelumnya turun 0,5% dan telah naik sepanjang tahun ini sebanyak 1%. (OL-6)

Komentar