Eksplorasi

Orang-Orang Kreatif tidak Takut Mati

Sabtu, 20 May 2017 05:30 WIB Penulis: (Science Daily/Dhk/L-2)

ilustrasi--thinkstock

PENCAPAIAN kreativitas seseorang ternyata bisa menjadi pelindung atas rasa gelisah soal kematian. Begitu kesimpulan hasil studi peneliti University of Kent, Inggris, belum lama ini. Menurut peneliti, orang-orang dengan ambisi dan pencapaian kreatif level tinggi lebih tangguh dalam menghadapi soal kematian. Gejala itu disebut peneliti sebagai 'fungsi kreatif sebagai penyanggah kegelisahan'. Peneliti melakukan uji coba terhadap 108 mahasiswa.

Mereka diminta menyelesaikan kuesioner untuk mengukur level ambisi dan prestasi. Hasilnya, mahasiswa dengan tingkat ambisi tinggi memiliki asosiasi soal kematian yang lebih sedikit dalam proses berpikir. Temuan itu memberikan gambaran bahwa orang-orang yang mengejar dan menjunjung kreativitas bisa lebih beruntung karena merasa aman meski dihadapkan pada kematian.

Alasannya, kelompok masyarakat seperti itu cenderung termotivasi untuk meninggalkan karya-karya mereka sebagai warisan. Melalui kerja kreatif, mereka bisa tetap hidup melalui jejak kultural meski sudah tutup usia. Prestasi dan karya kreatif bisa menjadi simbol keabadian.

Komentar