Eksplorasi

Kartun Lebih Efektif Jelaskan Sains

Sabtu, 20 May 2017 05:45 WIB Penulis: (Science Daily/Dhk/L-2)

Ilustrasi--thinkstock

JIKA ingin menyampaikan pesan soal sains untuk mendidik dan meyakinkan orang-orang, Anda jangan meremehkan kartun sebagai medium pilihan. Menurut studi yang digarap peneliti University of Illinois, AS, baru-baru ini, kartun lebih efektif ketimbang foto untuk mengubah pandangan orang. Menurut peneliti, ilustrasi kartun lebih berpeluang untuk meyakinkan orang. Alasannya, kartun membuat pembaca lebih memperhatikannya agar mereka bisa menangkap makna dan situasi yang disampaikan.

Pembaca lebih terlibat secara kognitif. Di sisi lain, foto hanya menimbulkan kesan dapat dipercaya dan indah dipandang. Namun, peluang untuk mengubah pendapat orang tak sebesar kartun. Menurut peneliti, orang memandang foto tidak lebih lama daripada menyimak kartun. Peneliti mendapati kesimpulan itu setelah melihat perubahan pandangan para partisipan yang diberi dua brosur berisi informasi ilmiah soal energi angin. Satu brosur mengandalkan foto dan satu lagi memuat kartun.

Hasilnya, para partisipan lebih mudah teryakinkan dengan kartun. Riset itu meyakinkan peneliti bahwa komik bisa menjadi cara yang efektif untuk menjelaskan konsep ilmiah di sekolah dan publik.

Komentar