Nusantara

Dua Helikopter Dikerahkan untuk Evakuasi Korban Kebakaran KM Mutiara Sentosa I

Sabtu, 20 May 2017 09:25 WIB Penulis: Intan Fauzi

ANTARA/Syaiful Arif

PROSES evakuasi korban kebakaran Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I jurusan Surabaya-Makassar terus berlanjut. Sejak sore kemarin (19/5) Kapal Negara (KN) lebih dulu diterjunkan untuk mengevakuask korban.

"Kapal yang bergerak dari sore kemarin KN SAR Widura Surabaya dan KN SAR Arjuna Denpasar," kata Humas Basarnas Yusuf Latif saat dihubungi, Sabtu (20/5).

Pagi ini tim SAR mulai bergerak kembali. Sebanyak dua helikopter dikerahkan untuk membantu proses evakuasi.

"Tadi pagi pukul 05.00 WIB helikopter jenis Douphan dari Surabaya diberangkatkan ke lokasi kejadian dan helikopter jenis AW 139 dari ATS Bogor berangkat pukul 06.00 WIB," tambah Yusuf.

Informasi yang dihimpun, sebanyak 99 korban sudah dievakuasi dan dibawa oleh KM Dharma Kartika menuju Surabaya. Sebanyak sembilan orang mendapatkan perawaram intensif di Puskesmas Masalembu. Sementara sebanyak tiga penumpang dikabarkan tewas.

Sebelumnya, kebakaran KM Mutiara Sentosa I berawal dari truk bermuatan kimia yang terbakar. Kebakaran terjadi sekira pukul 16.30 WIB.

Anak buah kapal (ABK) berusaha untuk memadamkan api namun tak berhasil. Kemudian api menjalar ke kendaraan lain.

Kapal terbakar di saat berada di Posisi 05°33.01 S – 114° 34.25 E atau 3 NM timur laut Pulau Masalembu. Kapal itu ditumpangi 44 anak buah kapal (ABK) dan 134 penumpang.

Proses evakuasi dilakukan oleh tim dari syahbandar, kepolisian, TNI Angkatan Darat, Basarnas Surabaya, Puskesmas setempat, dan masyarakat nelayan sekitar.

KM Meratus Makassar merapat mengevakuasi penumpang. Sedangkan tim SAR Surabaya mengerahkan KN SAR 225 Surabaya menuju lokasi.

Kebanyakan korban diselamatkan oleh kapal nelayan yang ikut membantu proses evakuasi. Sementara kapal yang dikirim oleh Badan SAR Nasional (Basarnas) belum sampai ke lokasi kejadian. (MTVN/OL-6)

Komentar