Polkam dan HAM

Megawati Buka Rakernas PDIP untuk Bahas Agenda Pilkada Serentak

Sabtu, 20 May 2017 09:35 WIB Penulis: Arnoldus Dhae

ANTARA/Ahmad Subaidi

KETUA Umum PDIP Megawati Soekarno Putri membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP. Rakernas tersebut rencananya digelar selama dua hari berturu-turut mulai 20-21 Mei 2017 di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur Bali.

Namun Rakernas kali ini tertutup untuk media. Media hanya dibolehkan menunggu di lobi hotel dan menunggu narasumber yang bersedia memberikan keterangan.

Sesuai agenda, Rakernas sudah dibuka sejak Jumat (19/5) karena sehari jelang pelaksanaan Rakernas, para peserta dari berbagai daerah di Indonesia sudah berdatangan ke Sanur Bali. Padahal Rakernas secara resmi baru dibuka pada Sabtu (20/5) oleh Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri.

Sekalipun Rakernas bersifat tertutup, namun disana-sini tampak bendera PDIP berwarna merah dengan logo banteng moncong putih memenuhi beberapa titik di Kota Denpasar, seperti di simpang Jl Cokroaminoto-Gatot Subroto Ubung, Simpang Jl Hang Tuah Renon, dan beberapa titik lainnya. Bahkan di sepanjang Jl Raya By Pass I Gusti Ngurah Rai.

Begitu memasuki gerbang utama hotel, deretan bendera di pinggir trotoar juga tampak berbaris di ruas jalan akses lobi hotel. Selain itu, pemandangan Rakernas tampak semakin semarak dengan munculnya beragam ucapan selamat Rakernas dari para kader PDIP.

Awak media yang akan meliput pun terkesan sangat tertutup sekalipun di lobi hotel masih banyak peserta yang melakukan registrasi. Di dalam lobi hotel, terlihat sejumlah kader dan pengurus PDIP dari daerah tengah melakukan registrasi peserta Rakernas.

Sekretaris DPD PDIP Bali IGN Jaya Negara membenarkan jika Rakernas kali ini bersifat tertutup.

"Tidak ada arahan untuk memberikan keterangan kepada media. Sifatnya tertutup. Namun teman-teman media bisa menemui narasumber dari para kader secara personal. Tetapi untuk tema wawancara diharapkan tidak ada hubungannya dengan agenda Rakernas, sampai dengan ada arahan selanjutnya," ujarnya di Denpasar, Sabtu (20/5).

Ketua Panitia Pelaksana Daerah Rakernas PDIP, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack saat dikonfirmasi mengatakan, peserta sebenarnya sudah berada di Bali sejak beberapa hari lalu.

"Hingga siang ini peserta masih berdatangan dan bahkan data yang kami terima, para peserta ada yang datang Sabtu sore hingga malam ini. Mereka terus datang, kami terus buka registrasi sampai pesawat terakhir jam 00.30 WITA malam ini. Peserta terakhir datang jam segitu sesuai daa yang kami pegang," ujarnya.

Ia mengaku, sebenarnya banyak agenda yang akan dibahas dalam Rakernas kali ini. Namun tema besarnya adalah soal Pilkada serentak dan strategi untuk memenangkan Pilkada. Selain itu, Rakernas juga akan membahas soal Pileg 2019 dan Pilpres 2019 juga dan bagaimana strategi untuk memenangkannya.

Selain soal Pilkada serentak dan strategi untuk memenangkannya, Rakernas akan mengevaluasi berbagai program yang ada baik yang sudaj terlaksana maupun yang akan terlaksana. Menurutnya, tak ada yang genting yang dibahas dalam Rakernas di kawasan Sanur, Denpasar tersebut.

"Seperti Rakernas partai lainnya, pasti membahas evaluasi program kerja dan rencana program kerja ke depan," tutup dia. (OL-6)

Komentar