Polkam dan HAM

Presiden Minta TNI Beri Dukungan Penuh Polri

Senin, 19 June 2017 20:12 WIB Penulis: Golda Eksa

MI/ARYA MANGGALA

PRESIDEN Joko Widodo meminta TNI untuk memberikan dukungan penuh kepada Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal tersebut terkait dengan momentum jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Masyarakat menunggu hasil kerja nyata kita, terus tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme kerja. Kita terima kasih," ujar Presiden saat memberikan sambutan dalam acara Buka Puasa Bersama 10 ribu personel TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (19/6) petang.

Presiden menambahkan, Panglima Besar Jenderal TNI Soedirman pernah mengatakan bahwa TNI merupakan hak milik nasional yang selalu utuh dan tidak pernah berubah.

"Yaitu tidak berubah dalam menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dalam merawat Pancasila, serta menguatkan persatuan dalam kebinekaan."

Menurut Presiden, tantangan ke depan semakin kompleks dan banyak tantangan tantangan baru bermunculan. Tantangan itu ada yang terlihat dan tidak terlihat, termasuk dalam kehidupan nyata maupun di dalam dunia digital.

"Penyebaran paham terorisme dan perongrong ideologi negara harus dihentikan, jangan sampai mereka memakan korban lagi. Jangan sampai jatuh korban lagi," imbuh Jokowi.

Presiden berharap, TNI sedianya bisa terus menumbuhkembangkan mental bela negara, mental persatuan, dan mental kesatuan bangsa. Ia menilai TNI dan rakyat bak air dan ikan yang tidak bisa dipisahkan.

"Karena itu buatlah tenteram hati rakyat, pupuk toleransi antar umat beragama, pupuk persatuan dan pupuk kesatuan kita," pungkas Presiden. (OL-2)

Komentar