Nusantara

Warga Idamkan Penyelesaian Tol Bocimi

Selasa, 20 June 2017 04:15 WIB Penulis: (BB/N-2)

ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

PENTINGNYA kehadiran Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi terus dilontarkan warga dan pejabat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kepada para pejabat pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Saat datang ke Sukabumi, Senin (19/6), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kembali harus mendengarkan ungkapan yang sama dari Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono. "Kami minta pemprov menyampaikan kepada pemerintah pusat agar terus memperhatikan pembangunan Tol Bocimi. Berbagai cara dan upaya akan kami lakukan agar jalan ini bisa segera terealisasi," kata Adjo.

Keberadaan Tol Bocimi bagi warga Sukabumi sangat penting, terutama bisa menjadi solusi kemacetan di wilayah utara yang sangat parah. "Mudah-mudahan bisa secepatnya pembangunan fisik tol yang masuk ke Sukabumi dilaksanakan. Belum lama ini sudah dilakukan pengukuran lahan untuk pembebasan," ujar Adjo. Pembangunan Tol Bocimi (54,3 km) terbagi dalam empat seksi. Pembebasan lahan Tol Bocimi di Kabupaten Sukabumi relatif paling banyak. Seksi I meliputi Ciawi-Cigombong Kabupaten Bogor (15,3 km), seksi II Cigombong (Bogor)-Cibadak (Sukabumi) (12 km), seksi III Cibadak-Sukabumi (14 km), dan seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 km).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan pembangunan infrastruktur jalan merupakan satu di antara fokus pembangunan Pemprov Jabar. "Sukabumi diharapkan menjadi roda penggerak perekonomian dan pintu gerbang pariwisata di Jawa Barat."

Komentar