Sepak Bola

Timnas U-16 Harus Tetap Membumi

Selasa, 20 June 2017 06:00 WIB Penulis: (PSSI.org/Rul/R-4)

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

KEBERHASILAN tim nasional U-16 Indonesia menjuarai Tien Phong Plastic Cup 2017 membuat masyarakat Tanah Air menaruh harapan besar ke pundak 'Garuda Muda'. Setelah ini, mereka akan berlaga di kompetisi sebenarnya, yakni Piala AFF U-15 pada 9-22 Juli 2017 dengan tergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Singapura. Rendy Juliansyah dkk juga akan bertarung di kualifikasi Piala Asia U-16 2017 di Grup G pada 16-24 September 2017. Meskipun demikian, pelatih Fachry Husaini tidak ingin anak-anak asuhnya cepat berpuas diri.

Ia meminta skuat binaannya itu tetap fokus berlatih dan mempersiapkan diri jelang kejuaraan akbar itu. "Saya sangat bangga dengan semangat pantang menyerah dan tidak kenal takut yang diperlihatkan pemain selama ini. Namun, tugas kami belum selesai. Tugas yang lebih berat di AFF Cup serta Kualifikasi AFC sudah menunggu kami pada bulan Juli dan September," ujar Fachry seperti dimuat dalam situs resmi PSSI.

Di laga terakhir, skuat 'Garuda Muda' menggulung Taiwan dengan skor 11-0. Rendy menjadi bintang dengan mencetak 6 gol, sedangkan Hamsa Lestaluhu (10' dan 55'), Amirudin Bagus (70' dan 86'), dan ditutup Brylian Negietha pada menit ke-87. Dengan hasil ini, timnas berhak menjadi kampiun dengan koleksi 7 poin dalam 3 laga. Di urutan kedua terdapat tuan rumah Vietnam yang di laga terakhir hanya imbang 1-1 dengan Myanmar sehingga mengumpulkan nilai 5 saja.

Selain membawa pulang piala juara, timnas dianugerahi 3 penghargaan, yakni top scorer atas nama Rendy Juliansyah yang mencetak 7 gol, pemain terbaik Hamsa Lestaluhu, dan tim fair play. "Pengalaman mengikuti turnamen di Vietnam memberikan banyak sekali pelajaran, baik kepada individu maupun kepada timnas. Evaluasi segera kami lakukan karena ada beberapa catatan penting yang perlu diperbaiki," pungkasnya.

Komentar