Travelista

Aceh Promosikan Paket Wisata Pesona Lebaran

Jum'at, 23 June 2017 14:26 WIB Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani

ANTARA

SETELAH sukses meluncurkan Paket Wisata Pesona Ramadan 1438 H dengan mempromosikan nuansa keindahan dan keunikan Ramadan di Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terus berupaya menarik minat wisatawan untuk menikmati Lebaran di Aceh.

Paket itu ditujukan bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, khususnya Malaysia. Paket wisata unik lainnya ialah sesuai dengan karakteristik daerah dan budaya Aceh yang kental dengan syiar Islam, yaitu Paket Wisata Pesona Lebaran di Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi menyebutkan, dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan Aceh kepada wisatawan, setiap momen unik dan khusus, seperti suasana Ramadan dan Lebaran, menjadi prioritas untuk dipromosikan.

"Lebaran di Aceh tentu sangat berbeda dengan daerah-daerah lainnya. Itu karena keunikannya yang sarat dengan berbagai aktivitas spiritual sebagai sebuah tradisi menarik," ujar Reza, Kamis (22/6) yang didampingi Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani.

Reza juga menyebutkan, ada banyak tradisi yang menarik untuk diikuti selama lebaran di Aceh, seperti pawai malam takbiran, teut beude atau meriam bambu yang saling bersahutan antar kampung, salat Ied bersama keluarga, bersilaturahmi, berziarah, sajian kuliner khas Lebaran dan mengunjungi objek-objek wisata menarik dan bersejarah lainnya.

Selain itu, untuk objek-objek wisata menarik lainnya, Reza juga menyebutkan ada 10 top destinasi yang wajib dikunjungi selama Lebaran di Aceh. Destinasi itu meliputi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Museum Tsunami Banda Aceh, PLTD Apung Banda Aceh, Pantai Lampuuk Aceh Besar, Monumen Kilometer Nol RI Sabang, Pantai Iboih Sabang, Pantai Anoi Itam Sabang, Danau Lut Tawar Aceh Tengah, Pacu Kude Gayo dan Komplek Kerajaan Samudera Pasai Aceh Utara.

"Untuk mempromosikan Paket Wisata Lebaran di Aceh secara lebih luas, selain pelaku industri pariwisata, komunitas media sosial juga dilibatkan untuk mempromosikan paket wisata," imbuh Reza.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani juga menambahkan, informasi pesona lebaran di Aceh juga sangat gencar dimainkan di sejumlah akun media sosial milik Disbudpar Aceh.

"Mulai dari Pesona Ramadhan, Pesona Kuliner, hingga Pesona Lebaran juga kita tampilkan sejumlah foto menarik dalam dua bahasa di akun Instagram @acehtourism.travel serta di Twitter dan Facebook Disbudpar Aceh," ungkapnya. (OL-4)

Komentar