MI Anak

Belajar Jujur dari Sahabat Pemberani

Ahad, 9 July 2017 01:01 WIB Penulis: Suryani Wandari/M-1

DOK SAHABAT PEMBERANI

PUNYA cita-cita yang besar membuat siapa pun rela menempuh jalan apa pun untuk mewujudkannya, termasuk orangtua kita yang selalu mendukung baik materi maupun moral kan, Sobat Medi?

Akan tetapi, berbeda dengan Krisna, uang pemberian ibu untuk membeli keperluan lomba sains dan iptek malah ia gunakan untuk jajan. Wah salah kan sobat?

Namun, ternyata, Krisna kemudian berani mengakui kesalahannya. Ia mengakui dengan jujur semua perbuatannya pada ibu.

Ia berkata terpaksa memakai uangnya karena lapar dan tidak menemukan alat yang dimaksud.

Ibunya tak memarahi Krisna, malah bangga dan senang dengan sikap Krisna yang berani jujur. Ya, jujur menjadi hal yang penting sobat. Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jujur menjadi salah satu unsur agar kita terhindar dari perbuatan korupsi.

Nonton bareng

Nah, pasti sobat Medi penasaran kan Krisna itu siapa? Krisna adalah salah satu tokoh dalam serial animasi Sahabat Pemberani yang diluncurkan KPK di Jakarta, Minggu (21/5). Film ini merupakan salah satu upaya KPK untuk menciptakan generasi antikorupsi sejak dini.

Tokoh lainnya ialah Panji yang penyayang binatang dan Kirana yang pintar. Ketiganya menyajikan cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, tetapi tentu saja ada kisah petualangan yang seru. Animasi ini terdiri dari enam episode yang menyasar Sobat Medi, anak-anak SD hingga SMP.

Dalam acara peluncuran serial animasi itu, diselenggarakan pula nonton bareng bersama anak-anak dari berbagai sekolah.

Antikorupsi

"Pemberantasan korupsi tak hanya diusahakan melalui upaya penindakan, tapi juga pencegahan melalui pembangunan perilaku dan penanaman budaya," ujar Wakil Ketua KPK Pak Saut Situmorang dalam acara Peluncuran Sahabat Pemberani.

Pak Saut menjelaskan cerita dalam serial animasi ini efektif untuk mengedukasi anak-anak. Karakter dalam film animasi lebih mudah diingat.

Kejujuran merupakan nilai dasar penegakan integritas diri seseorang. Seseorang dituntut untuk bisa berkata jujur dan tidak berbohong baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sikap jujur dapat membentengi diri terhadap godaan berbuat curang.

"Tagline KPK, berani jujur, karena jujur itu hebat," kata Pak Saut. Namun, tahukah sobat, jujur merupakan salah satu dari sembilan nilai antikorupsi, selain peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil.

Kalian harus punya semua nilai tersebut, ya!

Soundtrack animasi

Sobat Medi, sebelumnya KPK juga telah meluncurkan serial animasi serupa pada 2013. KPK pun menyebarkan semangat jujur dalam bentuk board game, aplikasi permainan berbasis Android, senam, serta buku panduan untuk orangtua dan guru. Kini peluncuran serial animasi ini bersamaan dengan album musik Sahabat Pemberani Cinta Indonesia karya Oppie Andraresta. Album ini terdiri dari tujuh lagu yang berisikan nilai-nilai antikorupsi, soundtrack animasi ini.

Tak hanya antikorupsi, tema lain yang diangkat pun berkaitan dengan kecintaan tanah air yang kaya sumber daya alam dan budaya. "Melalui musik pula kami ingin menanamkan nilai-nilai antikorupsi sebagai salah satu bentuk mencintai tanah air," pungkas Pak Saut.

KPK juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait penggunaan serial animasi Sahabat Pemberani sebagai bahan ajar di sekolah-sekolah. Ayo, kamu sudah jujur belum? (Suryani Wandari/M-1)

Komentar