Kuliner

Autentik Tradisional Pesonna

Ahad, 6 August 2017 05:31 WIB Penulis: AT/M-4

MI/ARDI TERISTI HADI

SUASANA tradisional terasa sejak menginjakkan kaki di Hotel Pesonna di Yogyakarta. Hampir setiap sudut ruangan dipenuhi ornamen motif batik, termasuk tegel-tegelnya.

Saat datang ke hotel di kawasan Malioboro itu, jangan lupa mencicipi menu andalan mereka, kepiting. Menurut Chef Nurwianto, Cluster Executive Sous Chef, ada empat olahan kepiting yang menjadi andalan mereka, kepiting saus padang, kepiting lada hitam, kepiting mentega, dan kepiting asam manis.

Keempat saus yang klop dengan daging kepiting yang bertekstur lembut itu memang sering ditemui di restoran yang lain. "Bedanya, saus kami lebih kental daripada masakan Tiongkok, tetapi lebih soft daripada masakan lokal," kata dia di Yogyakarta, Selasa (1/8).

Meski kental, saus itu tidak menghilangkan tekstur daging kepiting. Sebaliknya, saus itu meresap hingga cangkang dan capit kepiting."Walau namanya sama, saus kami memiliki taste autentik Pesonna. Pengolahannya juga khusus sehingga kepiting tidak amis (anyir) dan bumbu dapat meresap," kata dia.

Kepiting yang dipilih ialah kepiting bakau yang disuplai dari Pantai Depok, Bantul. Kepiting-kepiting tersebut didatangkan dalam kondisi hidup dan masih segar. Paprika, bawang bombai, dan jagung manis yang disajikan dalam campuran saus membuat makanan menjadi terlihat indah dan menambah selera.

Selain kepiting, patut dicoba soto tangkar. "Soto tangkar ini menu akulturasi antara Betawi, Tiongkok, dan Belanda," kata dia.

Untuk mendapatkan rasa yang diinginkan, daging sapi direbus dengan rempah-rempah khusus sekitar 2,5 jam dengan api kecil. Seusai direbus, daging kembali diolah dengan bumbu-bumbu soto tangkar selama 30 menit.

Sementara itu, untuk minuman, Pesonna merekomendasikan dua jenis minuman, yaitu kelapa muda manuk enom dan minuman joger (ijo dan segar). Keduanya sangat pas dan menyegarkan jika diminum dalam kondisi dingin.

"Puding manuk enom merupakan dessert kesukaan raja-raja Yogyakarta. Pada zaman Orde Baru, menu ini sangat disukai Presiden Soeharto, Ibu Tien Soeharto, dan pejabat-pejabat negara," kata dia.

Puding manuk enom dibuat dari tapai, santan, dan kelapa muda. Khusus di Hotel Pesonna, puding manuk enom disajikan dalam bentuk minuman yang dikombinasikan dengan es kelapa muda. Tekstur lembut puding manuk enom pun terasa pas menyatu dengan es kelapa muda.

Es joger terbuat dari sayuran yang menyehatkan. Komposisinya antara lain pakcoy (sawi sendok), sirup leci, dan lime. "Minuman ini diciptakan sebagai minuman pendamping untuk kepiting. Namun, pengunjung juga bisa memesannya khusus karena minuman ini menyehatkan dan segar," kata dia. Walau bahan minuman joger berasal dari sayuran segar, terasa manis dan segar, tidak ada bau langu.

Maya Kurnia selaku Public Relations Manager Hotel Pesonna menambahkan menu makanan dan minuman yang disajikan mengusung konsep autentik tradisional. Konsep ini dinilai sangat pas karena berada di kawasan Malioboro dan dekat dengan Keraton Yogyakarta.

Ditambah tamu yang datang kebanyakan dari luar kota dan luar negeri yang menikmati suasana tradisional. "Kalau mau mencari menu makanan autentik tradisional dengan rasa yang enak, ya, di Pesonna Hotel," kata Maya.

Khusus harga promo, olahan kepiting dibanderol dengan Rp50 ribu, soto tangkar seharga Rp70 ribu, sedangkan es kelapa muda manuk enom dan es joger masing-masing dihargai Rp30 ribu dan Rp20 ribu.

Komentar