Nusantara

Pabrik SIA Harus Bangkitkan Ekonomi Warga

Ahad, 13 August 2017 10:46 WIB Penulis: Amiruddin Abdullah Reubee

Bupati Pidie, Roni Ahmad, saat meninjau lahan sawah di kawasan Kecamatan Indrajaya, beberapa waktu lalu. -- MI/Amiruddin Abdullah Reubee

BUPATI Pidie Roni Ahmad, yang baru dilantik sebulan lalu, Senin (17/7) mengharapkan pembangunan pabrik Semen Indonesia Aceh (SIA) di Perbatasan Kecamatan Muara Tiga-Kecamatan Batee, meningkatkan perekonomian warga sekitarnya. Dengan adanya pabrik itu bisa menampung tenaga kerja lokal dan meningkatkan tarap hidup masyarakat Pidie dan kabupaten lain di Aceh.

Hal itu dikatakan Roni Ahmad saat pertemuan dengan Direktur PT Semen Indonesia Aceh, Bahar Syamsu di Safira Hotel, Blang Paseh Sigli, Kabupaten Pidie, Kamis (10/8). Dikatakannya, masyarakat Aceh terutama warga Pidie harus mendukung penuh pembangunan pabrik SIA. Apalagi masyarakat Kecamatan Batee dan Muara Tiga jangan sekali-kali terpengaruh dengan kabar yang dapat menggagalkan pembangunan perusahaan produksi semen itu.

Hal itu dikatakan Roni terkain adanya isu negatif seperti persoalan pembebasan lahan yang masih agak terkendala selama ini. Menurut bupati yang akrab di panggil Abuchik itu, dengan suksesnya pembangunan parik semen SIA bisa mbuka lapangan kerja baru untuk para tenaga ahli dan buruk biasa.

"Harapannya bisa mengurangi jumlah pengangguran dan menjadi efek positif terhadap peluang bisni baru" ujar Roni Ahmad mantan pasukan GAM lulusan Tripoli, Libya, tersebut.

Humas PT Semen Indonesia Aceh, Marjoni A Talib,inggu (13/8) mengatakan sekarang perusahaan itu sedang membangun fasilitas seperti pelabuhan dan masjid di lokasi pabrik. Harapan mereka pada awal 2020 pabrik itu sudah beroperasi dan mulai produksi.

Karena itu pihalnya sangat mengharapkan berbagai pihak dan masyarakat sekitar pabrik dapat membantu kelancaran. Misslnya persoalan lahan yang masih terkendala antara PT Samana sebagai mitra PT SIA dan masyarakat pemilik lahan untuk lokasi pabrik.

"Niat kita mebangun negeri dan ingin mensejahterakan masyarakat Aceh. Jangan sampai rencana ini gagal sehingga harapan yang lebih mulia nanti sirna ditelan kondisi" ujar Marjoni.(OL-3)

Komentar