WAWANCARA

Budi Karya Sumadi -- Aktif Mengurus Perkumpulan Alumni

Ahad, 20 August 2017 07:48 WIB Penulis: Riz/M-3

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi -- MI/Arya Manggala

MENJADI tokoh di pemerintahan tidak lantas membuat Budi Karya melupakan akarnya. Salah satunya terlihat dengan keterlibatan aktifnya di perkumpulan alumni.
Pria kelahiran Palembang, 60 tahun lalu ini menjabat Ketua Harian Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Tidak sekadar menggelar acara-acara nostalgia, Budi membuat 4 program dengan berbagai kegiatan.

“Jadi di Kagama itu saya punya 4 program dan 2 sudah jalan. Pertama membuat diskusi bulanan, namanya Teras Kita, jadi setiap bulan minimal 2 bulan sekali kita mengadakan Focus Group Discussion (FGD). Kedua, saya punya majalah, majalah Kagama. Jadi sudah dari pak Jokowi dan terakhir Menlu, saya nanti terakhir saja,” jelas pria alumnus jurusan arsitektur ini.

Dua program lainnya yang masih dalam progres ialah membuat vokasi dengan 3 jurusan yaitu pemandu wisata, teknologi informasi, dan akuntansi. Program keempatnya ialah Rumah Singgah bagi anak-anak yang ingin mendaftar diri ke Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Rumah Singgah saya mau buat anak-anak Gadjah Mada yang mau daftar, jadi saya mau merenovasi 10-20 rumah, saya subsidi Rp50 juta. Dengan itu nanti kalau ada anak Gadjah Mada yang mau daftar tidak usah ke rumah saudaranya, bisa ke sana. Dan ini agak susah karena tidak semua orang mau,” imbuhnya.

Di tengah kesibukannya sebagai Menteri Perhubungan, dirinya mengaku selalu menyempatkan datang ke berbagai acara Kagama. Tidak hanya itu, ia aktif berdiskusi berbagai isu dengan alumni lewat aplikasi chatting. (Riz/M-3)

Komentar