Foto

Lomba Foto Membangun Rumah Layak Huni Menuju Masyarakat Sejahtera

Ahad, 27 August 2017 05:16 WIB Penulis: Sumaryanto Bronto/M-3

MI/Sumaryanto Bronto

DUDUK berjongkok, pria-pria itu tekun memasang atap rumbia. Potongan-potongan susunan daun rumbia itu mereka ikatkan di rangka atap yang terbuat dari material alami. Pekerjaan mereka masih panjang karena baru tiga tingkat rangkaian daun rumbia terpasang. Meski masih banyak yang harus diselesaikan, tidak ada kejengahan pada para pria itu.

Tampaknya kegotong-royongan menjadi penyemangat sendiri bagi mereka. Potret kebersamaan dalam mendirikan rumah itulah yang tergambarkan kuat dari foto karya Sofyan Efendi. Foto itu pun didaulat sebagai juara 1 kompetisi foto bertema Membangun rumah layak huni menuju masyarakat sejahtera yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) dan Dari Balik Lensa Media Indonesia. Foto Sofyan mengingatkan kita akan tradisi gotongroyong yang berakar kuat di Indonesia.

Tradisi itu melingkupi berbagai aspek, termasuk pendirian bangunan yang penting dalam kehidupan, yakni rumah. Foto Sofyan mengalahkan 2.160 karya fotografi lain dalam penjurian yang digelar Selasa (22/8) lalu. Selain foto Sofyan, tim dewan juri yang terdiri atas Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia Hariyanto, Direktur Galeri Foto Jurnalistik Kantor Berita Antara Oscar Motuloh, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PU-Pera Lukman Hakim memilih 2 karya terbaik dan 10 karya yang masuk kategori nominasi.

Foto juara dua ialah karya Muhammad Abdul Azis dengan foto anak-anak tengah bermain di lahan bermain sebuah rumah susun. Sementara itu, gelar juara tiga disabet Wisnu Romadhinata, dengan foto yang memperlihatkan harmonisasi antara lahan pertanian yang produktif dan rumah susun.

Komentar