MI Anak

Mobil Pustaka Pintar Mampir ke Tulungagung

Ahad, 3 September 2017 05:46 WIB Penulis: Zat/M-2

DOK MONEYGRAM

Mobil ini istimewa bukan cuma karena ada 1.000 buku di dalamnya, komputer serta koneksi wi-fi, melainkan juga penjelajahannya! Dari Jakarta, sejak diluncurkan pada Selasa (22/8), Mobil Pustaka Pintar ini akan bertandang ke Tulungagung, Jawa Timur, serta daerah-daerah lain yang dinilai butuh disambangi.

"Agar anak-anak Indonesia punya akses yang sama terhadap literasi. Dengan pendidikan yang lebih baik, mereka akan punya banyak pilihan yang lebih baik untuk masa depannya," kata Chief Executive Officer MoneyGram, Pak Alex Holmes, saat meresmikan mobil yang didanai Moneygram Foundation seharga Rp800 juta itu.

Kampung pekerja migran

Mobil yang nantinya dijalankan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) ini, menurut Ibu Trini Haryanti, akan mampir pertama kali ke Tulungagung karena daerah ini salah satu kantong utama pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia ke luar negeri. Akibatnya, banyak anak-anak yang tak diasuh orangtuanya langsung, tapi oleh nenek, kakek atau kerabat yang lain. Akibatnya, dukungan terhadap pendidikan anak-anak pun tidak maksimal.

Dari Tulungagung, mobil ini akan berkeliling ke daerah-daerah lainnya.

Mobil pustaka pintar pertama

Kendaraan ini, kata Ibu Trini, juga disebut mobil pustaka pintar pertama, karena selain mengangkut buku, menyediakan fasilitas agar anak-anak di penjuru Indonesia punya kesempatan terhubung dengan dunia melalui internet. Ada komputer dan sambungan internet tanpa kabel yang juga disediakan dari mobil ini.

Sebelumnya, pada 2015, Moneygram Foundation dan YPPI telah menghibahkan lebih dari 10 ribu buku yang disalurkan ke berbagai sekolah. Ada lebih 300 guru dan 2.300 anak-anak di berbagai wilayah di DKI Jakarta yang setiap harinya belajar drai buku-buku itu!

Komentar