Olahraga

Replika Mobil F1 Rio Haryanto Bakal Dimuseumkan

Selasa, 12 September 2017 20:58 WIB Penulis:

MI/RAMDANI

RIO Haryanto berjanji akan mendekati tim Manor agar mau memberikan replika mobil balap yang digunakannya ke Museum Olahraga Nasional (MON).

Pembalap Indonesia pertama yang tampil di ajang balapan F1 itu mengakui ingin memberikan kesan mendalam kepada generasi muda agar lebih mencintai olahraga.

"Saya akan bantu untuk melobi tim Manor agar mereka bisa melepas mobil F1 yang saya kendarai. Hanya saja itu butuh waktu karena memang tak mudah untuk memboyongnya ke Indonesia," ujar Rio ketika menerima tim Museum Olahraga Nasional di Solo, akhir pekan lalu.

Sebagai langkah awal Rio akan memberikan perlengkapan balapnya kepada pihak museum untuk dipajang. Ia berharap properti miliknya itu bisa menumbuhkan inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia agar lebih cinta dunia olahraga.

Sedangkan Kepala MON Herman Chaniago mengapresiasi niat Rio yang akan membantu menyumbangkan mobil balapnya tersebut. Kalau saja hal itu bisa tercapai, jelas akan menjadi momentum luar biasa bagi museum.

"Saya berharap hal itu bisa terwujud, dan kami akan menganggarkan untuk memboyong replika mobil balap tersebut. Mobil itu nantinya akan dipajang di ruang museum yang baru di Gelora Bung Karno," tutur Herman di Jakarta, Selasa (12/9).

Pihak museum akan terus mengimbau para atlet nasional yang punya prestasi dunia agar mau menyumbangkan benda-benda miliknya yang dianggap punya nilai histori.

"Jangan sampai museum hanya dianggap sebagai tempat pembuangan barang-barang yang sudah tak ada gunanya. Persepsi itu harus dibuang jauh-jauh. Kami akan menempatkan benda-benda bersejarah milik atlet di ruang diorama dengan baik, disertai sinopsis agar masyarakat jadi tahu," tambah Herman lagi. (OL-4)

Komentar