Sepak Bola

Madrid Miliki Bala Bantuan Sementara

Rabu, 13 September 2017 05:15 WIB Penulis: Satria Sakti Utama

AFP

MOMEN pertandingan di pentas Liga Champions Eropa kontra tim lemah Apoel Nicosia diharapkan menjadi titik balik kembangkitan tim juara bertahan Real Madrid.

Dua kali tertahan secara beruntun di pentas La Liga, yakni diimbangi Valencia dan Levante, bukanlah catatan baik bagi skuat asuhan Zinedine Zidane.

Sektor penyerang disebut menjadi biang kerok performa menurun tim ibu kota Spanyol itu. Pasalnya kini praktis Zidane hanya memiliki Gareth Bale sebagai ujung tombak, sedangkan Karim Benzema dikabarkan cedera. Di sisi lain, hengkangnya penyerang Alvaro Morata dan Mariano Diaz tidak terantisipasi.

Pelatih berkebangsaan Prancis itu disebut telah melakukan pertemuan internal dengan timnya seusai ditahan imbang Levante. Madrid disebut terlalu percaya diri sehingga menunjukkan penampilan yang mengkhawatirkan. Kesalahan kecil yang berujung hukuman kartu seperti yang didapat kapten tim Sergio Ramos dan Marcelo memperburuk krisis tersebut.

Meski demikian, bala bantuan sementera akan diterima Los Blancos--julukan Madrid--hanya untuk menjamu wakil Siprus itu di Santiago Bernabeu, dini hari nanti. Megabintang Cristiano Ronaldo yang tengah menjalani masa hukuman lima kali larangan bermain di pentas domestik berpeluang merumput. Begitu juga dengan Ramos dan Marcelo yang punya masalah yang sama.

“Sangatlah jelas bahwa dia merupakan pemain terpenting dalam tim, punya kemampuan untuk mencetak gol luar biasa dan tidak jarang mampu mengirimkan umpan yang baik,” kata gelandang Madrid, Marcos Llorente.

Kehadiran Ronaldo terasa sangat penting karena Madrid wajib memaksimalkan setiap pertandingan di Grup H. Dengan kompetitor macam Borussia Dortmund dan Tottenham Hotspur, pemegang status La Duodecima Liga Champions itu tidak diperkenankan melakukan kesalahan sekecil apa pun.

Ketajaman Kane

Di laga lain Grup H, keran gol penyerang uta-ma Tottenham Hotspur Harry Kane kembali menyala setelah kering di tiga pertandingan awal Liga Primer Inggris. Dua gol disarangkan Kane ke gawang Everton pada akhir pekan lalu.

Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino pun melabeli penyerang timnas Inggris itu layaknya legenda timnas Argentina Gabriel Batistuta.

“Dia pantas disetarakan dengan (Gabriel) Batistuta, tapi mungkin dapat lebih baik. Dia tipe-tipe penyerang haus gol. Anda lihat apa yang dia lakukan tahun lalu,” ujar Pochettino.

Dengan bantuan Kane pula, the Lily Whites--julukan Tottenham--diharapkan mampu berbicara banyak saat berduel kontra Borussia Dortmund di Wembley Stadium.
Pochettino akan kembali menduplikasi skema 3-5-1-1 yang sukses ­mengantarkan 3 poin di Goodison Park.

Peluang Tottenham terbuka cukup lebar. Sang lawan, Die Borussien--juluk­an Dortmund--diserang badai cedera. Setidaknya ada tujuh pemain absen dalam lis skuat asuhan Peter Bosz. Pemain terakhir yang tidak akan memperkuat Dortmund ialah kapten tim Marcel Schmeizer dan bek Marc Bartra.

Satu-satunya kans Borussia Dortmund ialah memanfaatkan buruknya penampilan Tottenham di Wembley karena menjalani laga usiran sebab White Hart Lane tengah direnovasi.
Di dua laga kandang sebelumnya, tim asal London utara itu hanya mampu bermain seri 1-1 kontra Burnley dan takluk 1-2 dari seteru sekota, Chelsea. (AFP/Goal/R-1)

Komentar