Humaniora

Jemaah Haji Gelombang II Tiba Hari Ini

Rabu, 13 September 2017 08:25 WIB Penulis:

ANTARA

MENYAMBUT kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang II dari Mekah ke Madinah, Daerah Kerja Madinah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kasi. Rapat ini untuk memastikan pelayanan lebih baik daripada saat kedatangan jemaah haji gelombang I dari Tanah Air ke Madinah.

Rapat yang dipimpin Kepala Daker Madinah, Amin Handoyo pada Senin (11/9) menghasilkan beberapa hal penting. “Untuk kedatangan jemaah gelombang II ini berbeda dari gelombang I. Bila gelombang I itu jemaah dari Tanah Air ke Madinah menjalankan ibadah Arbain selama 8-9 hari, kemudian ke Mekah melalui Bir Ali untuk berniat umroh. Jemaah dan koper dibawa bersamaan,” kata Amin Handoyo kepada wartawan Media Indonesia Siswantini Suryandari dari Arab Saudi.

Adapun di gelombang II, jemaah dari Mekah menuju Madinah akan berhenti di Pos Hijrah. Di pos ini, muasasah harus mengecek selain paspor, juga dokumen boarding pass, dan exit pass. “Sebab selain paspor, boarding pass dan exit pass ini diperlukan untuk pulang dari Madinah ke Indonesia,” jelas Amin.

Saat kepulangan, jemaah langsung ke imigrasi karena paspor, boarding pass, dan exit pass sudah dipegang.
Pada gelombang II ini ada 256 kloter. Secara teori, lanjut Amin, tidak begitu padat saat tiba di Madinah. Saat itu, masih ada sekitar 103 ribu jemaah akan memasuki Madinah pascahaji mulai 12-21 September.
Ada 109 hotel akan menampung seluruh jemaah haji Indonesia gelombang II.

Koper-koper jemaah terpaksa diangkut dengan truk dari Mekah ke Madinah lantaran bagasi bus lebih kecil dan tidak mampu menampung koper jemaah.

Amin mengingatkan pula pada 21-27 September merupakan puncak kepadatan jemaah haji gelombang II. Sebab pada 21 September adalah awal kepulangan jemaah dari Madinah ke Tanah Air. Saat pulang, para jemaah tidak lagi harus menenteng koper karena sudah dibawa ke bandara pada H-1 dan ditimbang beratnya.

“Jemaah haji dilarang membawa air zamzam karena itu sudah menjadi peraturan keamanan di Arab Saudi. Setibanya di Tanah Air, setiap jemaah haji akan menerima 5 liter air zamzam yang dibagikan di masing-masing embarkasi,” tegasnya.

Pada hari ini sebanyak 16 kloter memasuki Madinah secara bertahap, dari siang hingga malam hari. Mereka akan menempati 19 hotel. “ Ada tiga kloter yang harus dipecah. Namun semua hotel berdekatan,” kata Kasi Perumahan Daker Madinah, Ihsan Faisal.

Dan pada gelombang II ini tidak disediakan bus salawat karena semua pemondokan yang didiami jemaah haji berada di kawasan ring road, kurang dari 600 meter dari Masjid Nabawi. (Nda/H-1)

Komentar