Polkam dan HAM

Kecam Perlemahan KPK, SBY : Saya Bukan Anak Kemarin Sore

Rabu, 13 September 2017 15:54 WIB Penulis: Dero Iqbal Mahendra

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengecam pihak-pihak yang berupaya melakukan perlemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dirinya menekankan bahwa Demokrat mendukung penuh langkah KPK dalam melakukan pemberantasan korupsi.

"Saya bukan anak kemarin sore dalam dunia politik dan kehidupan bernegara serta pemerintahan. Apapun alasannya, apapun dalihnya, kalau untuk melemahkan KPK rakyat pasti tahu, kita juga tahu, sekali lagi Demokrat menolak perlemahan KPK," tegas SBY dalam diskusi dengan pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (13/9).

Dalam kesempatan tersebut SBY juga menyoroti terkait adanya wacana pembekuan KPK dan bahkan membubarkan lembaga anti rasyuah belum lama ini. Dirinya menyatakan meski di masa lalu kader Demokrat sebagian juga terlibat korupsi namun sikap nya tetap konsisten mendukung pemberantaasan korupsi.

"Kami tetap konsisten ada atau tidak kadernya yang kena, kami konsisten tidak akan berubah dalam mendukung KPK. Jangan sampai kalau kadernya kena lantas melakukan tindakan sebaliknya," seloroh SBY dalam pertemuan tersebut.

SBY mengimbau kepada Presiden Jokowi dan para pemimpin lembaga negara, Ketua MPR, Ketua DPD, bahkan Ketua DPR sekalipun untuk mendukung penuh KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. Dirinya juga meminta lembaga lembaga penegak hukum untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam memberantaas korupsi.

SBY menilai baik KPK, Polri, maupun kejaksaan merupakan bagian penting untuk pemberantasan korupsi. Semua lembaga tersebut memiliki misi yang sama untuk memberantas korupsi. "Kami sedih kalau satu sama lain tidak klop. Berkompetisilah secara sehat tetapi jangan bermusuhan satu sama lain," pungkas SBY.(OL-3)

Komentar