Megapolitan

Dirlantas Polda Metro Berharap Anies Baswedan Anggarkan Gaji Supeltas

Rabu, 13 September 2017 16:40 WIB Penulis: Deny Irwanto

ANTARA FOTO/Maulana Surya

NASIB Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) masih terkatung-katung. Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih belum bisa mencari pihak untuk memberi gaji anggota Supeltas.

Dirlantar Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan, pihaknya saat ini berharap kepada Anies Baswedan agar memberikan perhatian kepada Supeltas jika nanti telah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Iya (nunggu Gubernur baru). Dari Gubernur ini menyampaikan di 2017 ini tak ada anggarannya. Mungkin di 2018 bisa dianggarkan," kata Halim di Mapolda Metro Jaya, Rabu (13/9).

Halim menjelaskan, saat ini anggota Supeltas yang berjumlah sekitar 500 orang tersebut masih bertugas sebagai pak ogah di masing-masing wilayah. Saat ini, mereka juga masih menerima uang receh sebagai ucapan terima kasih dari pengguna kendaraan.

"Untuk pelaksanaan Supeltas, kami tunda untuk penggunaan pakaian. Karena pakaian dan atribut-atribut kita siapkan, mesti ditunda karena nunggu yang membiayai. Kalau namanya saat ini, dapat 'ucapan terima kasih' dari yang dibantu. Tapi untuk seragamnya, tulisan Supeltas termasuk kewenangan mengatur lalin, belum kami lakukan," jelas Halim.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menolak menggaji pak Ogah yang direkrut menjadi sukarelawan pengatur lalu lintas (sulpetas).

"Kalau menurut saya itu kan relawan, relawan, ya, relawan (tidak mendapatkan gaji)," kata Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Agung, Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9).

Djarot mengatakan tak sanggup menyesuaikan gaji pak Ogah sesuai upah minimum regional (UMR). Selain statusnya tergolong Penyandang Masalah Kesejahteraan sosial (PMKS), ide melegalisasi pak Ogah dinilai bersifat sementara.

Menurut Djarot, bantuan Pemprov dalam masalah lalu lintas bisa dilakukan dengan mengandalkan jajaran anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Meski demikian, pasukan oranye itu dapat diberdayakan selepas melaksanakan fungsi utamanya. (MTVN/OL-6)

Komentar