Internasional

90% Rumah di Florida Hancur

Rabu, 13 September 2017 23:01 WIB Penulis: (AFP/AP/Ire/I-2)

AFP/Chip Somodevilla

BADAN Manajemen Darurat Federal (FEMA) menyatakan sekitar 25% rumah di Florida Keys luluh lantak dan 65% lainnya mengalami kerusakan parah akibat badai Irma. "Pada dasarnya, setiap rumah di Keys terkena dampak. Sebanyak 90% rumah telah hancur atau rusak parah," kata administrator FEMA Brock Long, Rabu (13/9). Di Islamorada, sebuah karavan hancur, rumah-rumah juga, serta bau busuk merebak di sana.

Puing-puing berserakan termasuk lemari es, mesin cuci dan pengering, kapal nelayan setinggi 8 meter, dan sebuah jacuzzi. Sisa-sisa hujan yang dibawa badai Irma bergerak melewati Alabama dan Mississippi setelah membasahi Georgia. Peringatan banjir bandang pun dikeluarkan di kawasan tenggara AS itu. Florida, rumah bagi sekitar 70 ribu orang, menjadi wilayah paling rusak.

Air minum dan listrik terputus. Ketiga rumah sakit di wilayah tersebut ditutup dan pasokan bensin sangat terbatas. Petugas utilitas memeringatkan butuh waktu 10 hari atau lebih agar daya pulih sepenuhnya. Kepastian kerusakan belum dapat diumumkan karena jaringan komunikasi dan lainnya terganggu. Monroe County mulai mendirikan tempat penampungan serta titik distribusi makanan dan air untuk korban badai Irma di Keys.

Sekitar 110 ribu orang tetap tinggal di tempat penampungan di Florida. Tim penyelidik dan penyelamat berhasil masuk ke arah Keys dan kapal induk diposisikan di Key West untuk membantu. Mereka juga bekerja keras untuk menemukan korban selamat dan meninggal. Selain itu, tim mengirimkan makanan dan minuman ke rantai pulau yang kena dampak lalu memperbaiki jalan raya tunggal yang menghubungkan Keys.

Di saat bersamaan, penduduk yang paling dekat dengan daratan Florida diizinkan kembali ke rumah mereka. "Akan sangat sulit bagi mereka untuk pulang ke rumah. Kondisi yang ada akan membuat mereka sedih," kata Petrona Hernandez yang bebas dari dampak karena rumah betonnya di Plantation Key memiliki dinding setinggi 35 kaki. Itu seperti seorang laki-laki dengan keluarganya yang datang untuk memeriksa rumah mereka, tapi berbalik ke Miami karena pemandangan kehancuran terlalu berat.

Jumlah kematian akibat badai Irma di Florida meningkat menjadi 12, selain 4 di South Carolina dan 2 di Georgia. Setidaknya 37 orang tewas di Karibia. "Kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi semua orang akan berkumpul," kata Gubernur Florida Rick Scott yang optimistis untuk membangun kembali Florida. Scott mengungkapkan lebih dari 30 ribu orang dari luar negara siap membantu listrik Florida hidup kembali. Dia mengatakan otoritas telah menyelamatkan lebih dari 300 orang di Jacksonville

Komentar