Humaniora

Siswa SMK Harus Bisa Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Rabu, 13 September 2017 22:06 WIB Penulis: Haryanto

ANTARA

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrowi meninjau persiapan pendidikan dan latihan wirausaha muda Kends UPVC di Kendal, Jawa Tengah.

Ini merupakan program diklat wirausaha itu diselenggarakan PT Terryham Proplas Indonesia (TPI), produsen UPVC (unplasticized poly vinyl chloride) pertama di Indonesia.

"Saya berharap agar diklat ini dapat melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda yang berasal dari SMK. Lulusan SMK tak hanya berorientasi menjadi pencari kerja. Mereka harus dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru berdasarkan keahlian dan keterampilan yang diperolehnya di bangku SMK maupun melalui diklat-diklat kewirausahaan seperti ini," ujar Menpora, Rabu (13/9).

Dia menilai produk dari pabrik Kends UPVC ini akan sangat membantu manusia dalam penyelamatan lingkungan. "Pada saatnya ke depan produk dari PT Terryham Proplas Indonesia akan membantu manusia dalam penyelamatan lingkungan, ketika stok bahan baku kayu saat ini semakin menipis. Kemudian bahan baku dari pabrik ini akan menjadi pilihan karena anti rayap dan anti api," paparnya.

Menpora berharap agar diklat yang diikuti 300 siswa SMK se-Jateng itu dapat menjadi pusat pelatihan wirausaha bagi generasi muda, khususnya para siswa SMK.

Sementara Komisaris Utama TPI Teguh Priyo Gutomo menuturkan, pabrik yang berdiri sejak 2014 itu bergerak di bidang pembuatan kusen pintu dan jendela dari UPVC, yakni suatu material turunan plastik yang sifat plastiknya diminimalisir sehingga bentuknya menjadi keras.

Pabrik ini juga bekerja sama dengan pemerintah khususnya Kemenpora untuk mensukseskan Program Bina Wirausaha Muda Kemenpora. (OL-4)

Komentar