Otomotif

Range Rover Velar Mengaspal di Indonesia

Kamis, 14 September 2017 02:31 WIB Penulis: (CDX/S-1)

AFP PHOTO / Daniel LEAL-OLIVAS

INDONESIA dipilih menjadi lokasi perdana peluncuran mid-size sport untility vehicle (SUV) Range Rover Velar. Di negara Asia Pasifik, kendaraan mewah ini baru diluncurkan pada Oktober dan November mendatang.

"Range Rover Velar membawa dimensi kemewahan, modern, dan keanggunan baru dalam keluarga Range Rover. Velar menawarkan tingkat kemewahan, kesempurnaan, sekaligus kemampuan di segala medan yang belum pernah ada di kelas SUV mid-size. Ini tipe terbaru Range Rover untuk tipe konsumen baru," kata Chief Operating Officer PT Wahana Auto Ekamarga (WAE)--distributor Range Rover--Roland Staehler di Jakarta, Jumat (8/9).

Di Indonesia, kendaraan model keempat di keluarga Range Rover ini hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu 2,0 liter empat silinder pada Velar 2.0P R-Dynamic SE yang dibanderol (off the road) seharga Rp2,050 miliar dan 3,0 liter V6 pada Velar 3.0P R-Dynamic SE yang dibanderol Rp2,35 miliar. Velar 2.0P R-Dynamic SE 2,0 liter bertenaga 250 PS pada 5.500 rpm dengan torsi puncak 365 Nm antara 1.200-4.500 rpm, sedangkan Velar 3.0P R-Dynamic SE bermesin 3,0 liter V6 supercharged bertenaga 380 PS pada 6.500 rpm dengan kekuatan puntir 450 Nm antara 3.500-5.000 rpm.

Keduanya disandingkan dengan transmisi otomatis 8 tingkat percepatan. Untuk urusan performa, Velar 2.0 mampu membukukan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo 6,7 detik, sedangkan kecepatan puncaknya mampu menyundul angka 217 km/jam. Untuk varian Velar 3.0 dari 0-100 km/jam hanya butuh waktu 5,9 detik dengan kecepatan maksimal yang dibatasi di angka 250 km/jam.

Dengan kemampuan di atas rata-rata, kedua kendaraan ini cukup efisien mengonsumsi bahan bakar. Untuk varian empat silinder diklaim mampu mencapai 13,1 km/liter dan 10,6 km/liter untuk varian enam silinder. Penghematan bahan bakar tercapai di antaranya berkat bodi yang ringan serta hambatan udara yang sangat kecil untuk ukuran sebuah SUV, yaitu dengan angka coeficient of drag hanya 0,32.

Angka sekecil itu menjadikan Velar sebagai Land Rover paling aerodinamis dan efisien. Velar juga dipersenjatai dengan berbagai fitur-fitur canggih yang hanya dimiliki kendaraan-kendaraan masa depan. Salah satunya ialah Matrix LED headlight yang mampu menjangkau jarak ratusan meter ke depan tanpa menyilaukan pengendara dari lawan arah. Selain itu, Velar memilik door handle yang akan menyatu rata dengan bodi saat kendaraan dalam kondisi terkunci.

Desain dalam kabin Velar menganut konsep simpel dan elegan. Yang paling manarik ialah sistem infotainment Touch Pro Duo dengan layar sentuh 10 inci high-definition yang berpadu serasi dengan arsitektur kabin. Selain itu, masih ada HDD Navigation System, pencahayaan interior dengan sejumlah pilihan warna, panoramic roof untuk varian 2,0 liter, dan sliding panoramic roof untuk varian 3,0 liter.

Velar tak hanya lapang untuk mengangkut lima penumpang di dalam, tetapi juga memiliki ruang bagasi yang mampu mengangkut hingga 632 liter dengan pembuka pintu bagasi yang dapat dioperasikan dengan gerakan kaki dari luar kabin. Hal itu bertujuan mempermudah saat kedua tangan sibuk memegang barang bawaan. Meskipun tampilannya begitu mewah dan elegan, Range Rover Velar mampu melintasi jalan off-road karena fitur All Wheel Drive dengan Intelligent Driveline Dynamics.

Terlebih pada varian 3,0 liter dengan suspensi udaranya yang mampu mengatur ketinggian secara manual maupun otomatis. Bahkan, kendaraan ini mampu menghadapi genangan air setinggi 650 mm.

Komentar