Sepak Bola

Pesta Gol para Raksasa

Kamis, 14 September 2017 03:45 WIB Penulis: Nurul Fadillah

AP Photo/Kirsty Wigglesworth

PEKAN pertama babak penyisihan grup Liga Champions diwarnai pesta gol tim-tim unggulan. Chelsea, Bayern Muenchen, Paris St Germain (PSG), Manchester United, serta Barcelona mampu meraih kemenangan besar. Chelsea menjadi tim yang meraih kemenangan terbesar setelah menekuk Qarabag Azerbaijan 6-0, diikuti PSG yang menang 5-0 atas Glasgow Celtic.

Selain itu, Muenchen menundukkan Anderlecht 3-0 dan Manchester United menang dengan skor 3-0 juga atas Basel. Kemenangan paling fantastis didapat Barcelona.
Di kandang sendiri, Stadion Camp Nou, dalam laga Grup D, Barcelona meraih kemenangan tiga gol tanpa balas atas raksasa Italia, Juventus. Camp Nou seolah menjadi arena pembantaian Juventus oleh Blaugrana.

Lionel Messi-lah yang menjadi aktor utama hasil memalukan yang didapat 'si Nyonya Besar'. El Messiah menyumbang dua gol masing-masing di menit ke-45 dan 69. Messi kini telah mengemas 96 gol di Liga Champions. Satu gol Barcelona lainnya ke gawang Juventus yang dikawal Gianluigi Buffon dicetak Ivan Rakitic pada menit ke-56. Kemenangan itu juga sebagai balas dendam Messi dan kawan-kawan atas Juventus.

Di leg pertama perempat final Liga Champions musim lalu, Barcelona kalah 0-3 di kandang Juventus dan harus tersingkir. Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan kemenangan yang diraih dari rival berkualitas sekelas Juventus memiliki arti penting. Kemenangan itu memberikan suntikan rasa percaya diri dan semangat bagi para pemain.
"Juventus lawan yang hebat dan kami memainkan permainan yang sangat baik. Ini adalah kemenangan yang baik untuk membangkitkan percaya diri pemain," tandasnya.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri menyebut kekalahan tim asuhannya lebih disebabkan kegagalan mematikan pergerakan Messi. Menurutnya, Juventus terlalu memberikan ruang bagi pemain Argentina itu. "Messi mampu dua kali memperdaya Buffon karena kami membiarkannya leluasa. Ia mampu tampil bagus di ruang sempit, tetapi kami memberi-nya ruang lebih besar dalam pertandingan," jelasnya.

Ancaman PSG
Di Grup B, kemenangan 5-0 atas Celtic membuktikan kekuatan menakutkan PSG. Duet Neymar dan Kylian Mbappe kembali menunjukkan taji dengan masing-masing mengemas satu gol. Neymar membuka kemenangan PSG menit ke-16, sedangkan Mbappe menjebol gawang Celtic menit ke-64. Tiga gol PSG lainnya disumbang Edinson Cavani menit ke-40 dari titik penalti dan menit ke-85 serta bunuh diri Mikael Lustig menit ke-83.

"Tim telah menunjukkan karakter kuat. Saya sangat senang dengan kemampuan pemain mengontrol permainan dengan atau tanpa bola," ujar pelatih PSG Unai Emery.
Manchester United juga tampil gemilang di laga pembuka Grup A. Di Old Trafford, para punggawa 'Setan Merah' menunjukkan determinasi saat membekuk Basel 3-0. Marouane Fellaini, Romelu Lukaku, dan Marcus Rashford menjadi aktor kemenangan Manchester United.

Ketiganya menjadi penyumbang gol Manchester United, masing-masing pada menit ke-35, 53, dan 84. Bagi Lukaku, gol tersebut terasa sangat spesial karena menjadi gol dalam debutnya di Liga Champions. (Goal/AFP/R-2)

Komentar