Nusantara

Kapolsek Otaki Pembalakan Liar

Kamis, 14 September 2017 07:30 WIB Penulis:

ANTARA

DIDUGA terlibat pembalakan liar, Kapolsek Beutong, Iptu WA, ditangkap Polres Nagan Raya, Aceh.

Sebelumnya, penyidik menyita 295 batang kayu olahan yang bernilai sekitar Rp100 juta dalam kasus yang sama.

"Aksi pembalakan hutan lindung yang diduga melibatkan WA dilaporkan masyarakat ke polres. Saat me-nindaklanjuti laporan itu, tim menyita kayu hasil pembalakan yang disimpan di sebuah rumah di kawasan Desa Kabu Tunong, Kecamatan Timur," ujar Kapolres Nagan Raya AKB Mirwazi yang memimpin tim, kemarin.

Dalam pengembangan, tim menangkap Kapolsek Beutong Iptu WA, yang diketahui baru bertugas selama dua minggu di Beutong.

WA sebelumnya menduduki posisi sebagai kapolsek Seunagan Timur.

"Dalam pemeriksaan, WA mengakui kayu yang kami sita merupakan miliknya. Ia membayar sejumlah orang untuk masuk ke hutan dan melakukan pembalakan," tambah Kapolres.

Di Kotawaringin Timur, Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Kalimantan Tengah menangkap Arimbino, 38, warga Kecamatan Mentaya Hulu.

Ia membawa kayu hasil pembalakan sebanyak 374 batang. Kayu ditarik dengan dua kapal klotok dan dialirkan di Sungai Mentaya.

"Pencurian kayu itu diketahui saat anggota melakukan patroli gabungan di DAS Mentaya," kata Direktur Polairud Polda Kalteng Komisaris Besar Badarudin.

Sebelumnya, di DAS Mentaya, polisi juga menyita 700 batang kayu curian pada Agustus lalu.

"Untuk menekan tingkat pencurian kayu, kami gencar melakukan patroli di 11 DAS di Kalimantan Tengah. Jalur sungai masih menjadi favorit bagi pelaku kejahatan untuk mengirim kayu hasil pembalakan," lanjut Badarudin. (MR/SS/N-2)

Komentar