Nusantara

Promosi Wisata Tabanan Sasar Mahasiswa

Rabu, 13 September 2017 20:06 WIB Penulis:

Ist

BUPATI Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mempromosikan pariwisata berbasis ekonomi kerakyatan yang diterapkan di kabupatennya kepada jajaran sivitas akademika Universitas Tidar Magelang.

Kegiatan tersebut diadakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada generasi muda dalam hal pengelolaan pariwisata yang berbasis pembangunan, pelayanan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama dalam bermasyarakat.

“Strategi dalam meningkatkan pariwisata di antaranya adalah dengan melakukan pembangunan terhadap infrastruktur, meningkatkan pelayanan dan kearifan loka, serta harus saling jaga dan toleransi antarumat beragama, sehingga akan terciptanya kenyamanan bagi para wisatawan," ungkap Eka di tengah-tengah kuliah umum yang diadakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (13/9).

Eka yang juga dikenal sebagai bupati perempuan pertama di Bali tersebut mengajak para mahasiswa untuk bersatu dalam hal memajukan daerahnya.

“Bersatu kita menang, tanpa persatuan tidak akan ada kemenangan, seperti yang pernah diungkapkan oleh Bung Karno bahwa tantangan bangsa ini adalah melawan bangsanya sendiri," ujar perempuan yang begitu mencintai ajaran-ajaran Presiden pertama RI Soekarno itu.

Ia juga menambahkan, kampus menjadi salah satu sarana terbaik dalam hal promosi pariwisata, karena kampus merupakan pusat anak muda yang memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap tempat-tempat pariwisata yang menarik.

“Keunggulan wisata di Tabanan ada Tanah Lot, Ulun Danu Beratan, dan juga Jatiluwih, serta saat ini juga sedang terus dikembangkan desa-desa wisata yang sudah terdapat 16 desa, dan ini lah sistem yang disebut dengan membangun wisata dengan ekonomi kerakyatan, karena dengan adanya desa wisata, ekonomi masyarakat di Tabanan akan terus berkembang," tandas Eka.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan, I Made Yasa, bahwa di Tabanan selain memiliki wisata alam yang indah, juga memiliki wisata budaya dan kuliner yang tidak kalah menarik.

“Di setiap wisata yang ada di Tabanan kita akan selalu bubuhi dengan wisata budaya serta kuliner khas Tabanan yang dapat memanjakan para wisatawan dan bisa terus dikenang," ungkap Yasa.

Sementara itu, Dekan FISIP Universitas Tidar, Samodra Wibawa, sangat berterima kasih atas kesediaan Bupati Eka dalam hal memberikan kuliah umum dan berbagi kepada mahasiswa didikannya. Ke depan ia berharap mahasiswanya bisa belajar langsung ke Tabanan.

“Kita ingin menjalin kerja sama dengan pihak Pemerintah Kabupaen Tabanan, ke depannya mahasiswa FISIP Unidar akan melakukan praktik kerja lapangan atau magang di Pemkab Tabanan. Dengan demikian, kualitas sistem kerja di Tabanan bisa di amalkan oleh para mahasiswa," ujar Samodra.

Di akhir kegiatan tersebut, Eka juga menyerahkan beberapa buku Investasi Hati kepada beberapa mahasiswa yang mengajukan pertanyaan. Buku tersebut merupakan biografi keberhasilan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam memimpin Tabanan yang juga akan dibedah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada Kamis (14/9) besok. (RO/OL-2)

Komentar