Sepak Bola

Garuda Nusantara Bidik Gelar Juara

Kamis, 14 September 2017 06:54 WIB Penulis: Rul/X-11

Pemain timnas U-19 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) mengecoh penjaga gawang Brunei Darussalam AK Muhd Amirul Hakim dalam laga penyisihan Grup B Piala AFF U-18 di Yangon, Myanmar, kemarin. -- aseanfootball.org

TIM sepak bola nasional U-19 Indonesia se­­makin mantap melangkahkan kaki ke pu­­taran final Piala AFF U-18 2017. Setelah berhak meraih tiket ke semifinal seusai mengalahkan Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, dengan skor telak 8-0, tim ‘Garuda Nusantara’ yang tampil agresif sejak awal pertandingan dipastikan lolos dengan menyandang status juara Grup B.

Kepastian tersebut diraih setelah Indonesia mengemas 9 poin dari empat laga yang dilakoni. Meski menorehkan poin yang sa­ma dengan tuan rumah Myanmar yang juga mengemas 9 poin, skuat ‘Merah Putih’ lebih unggul dengan selisih dua gol atas Myanmar.

Muhammad Rafli, kemarin, menjadi pah­lawan kemenangan timnas dengan melakukan hattrick ke gawang Brunei. Itu ditambah capaian Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang ma­sing-masing menyumbang dua gol serta Hanis Saghara satu gol.

“Kemenangan dan lolos ke semifinal ini kami persembahkan untuk Riyandi, penjaga gawang timnas yang mengalami cedera, keluarga, dan seluruh bangsa Indonesia,” tutur kapten Rachmat Irianto.

Selanjutnya, ‘Garuda Nusantara’ akan di­tan­tang tim tangguh Thailand yang se­belumnya menutup babak penyisihan de­ngan status sebagai runner-up Grup A. Ke­dua tim akan bersua dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Thuwunna, besok.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan keme­nang­an itu semakin memotivasi timnya untuk meraih gelar juara Piala AFF 2017.

Dia pun menegaskan timnya siap menghadapi lawan mana pun di semifinal. “Kita siap melawan siapa saja. Yang jelas tim ini masih ada kekurangan dan akan terus kita perbaiki. Besok (hari ini) kami akan satu kali latihan menjelang laga semifinal Jumat,” ujar Indra.

“Pemulihan menjadi perhatian utama ka­mi karena jeda istirahat hanya satu hari. Kami harap pemain tetap fokus demi asa meraih juara Piala AFF U-18,” lanjutnya.

Sementara itu, tim Vietnam secara mengejutkan tersisih dari Piala AFF. Setelah tampil tanpa kekalahan, di laga terakhir Vietnam akhirnya tergelincir di tangan tuan rumah Myanmar dengan skor 1-2.

Meski sama-sama mengemas 9 poin, Vietnam harus angkat koper karena kalah head to head dengan Myanmar. Selanjutnya, tuan rumah Myanmar akan ber­hadapan dengan Malaysia yang menjadi juara Grup A pada Jumat (15/9). (Rul/X-11)

Komentar