Ekonomi

Agar UMKM Asia-Pasifik Masuk E-commerce

Senin, 18 September 2017 01:33 WIB Penulis: (Ant/S-4)

MI/Adam Dwi

INDONESIA turut mendorong penguasaan internet dan e-commerce bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Asia-Pasifik. Ada harapan pula agar tercipta kesetaraan untuk mengembangkan UMKM berbasis digital dari semua negara anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) atau Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik. Itu disampaikan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (17/9). Wayan Dipta memimpin delegasi Indonesia dalam forum APEC SME Ministerial Meeting Ke-24 dan APEC Small and Medium Enterprises Working Group Ke-45 yang berlangsung di Ho Chi Minh City, Vietnam, 10-15 September 2017.

"Kami ikut serta mengangkat isu e-commerce yang banyak dibahas negara-negara peserta dan isu penting seperti peningkatan akses pasar melalui digitalisasi," kata Wayan Dipta. Pertemuan itu membahas upaya memperkuat akses pasar negara-negara APEC terhadap global value chain, meningkatkan kapasitas dan manajemen dengan pelatihan, memperkuat UMKM APEC dalam inovasi dan digital ekonomi, serta mendorong pengembangan start-up. Dalam pertemuan itu, Filipina meluncurkan APEC MSME Marketplace yang berisi informasi mengenai UMKM para anggota ekonomi APEC. Wayan meminta semua anggota APEC harus dapat memanfaatkan APEC MSME Marketplace, jangan hanya beberapa negara.

Sayangnya, koperasi di Indonesia yang masih didominasi berskala UMKM tercatat baru 12%, atau 9.429 unit, telah terintegrasi dengan dunia siber atau daring (online). "Hambatan peralihan ke jaringan teknologi di antaranya karena ketidaktahuan manfaat dan pandangan negatif terhadap efek yang ditimbulkannya," ucap Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (17/9). Ia mengingatkan pasar e-commerce sebesar Rp337 triliun dengan 132 juta pengguna internet menjadi konsumen potensial. Belum banyak koperasi yang menyadari potensi tersebut.

Komentar