Internasional

Pantai Teluk AS Siaga Hadapi Nate

Ahad, 8 October 2017 08:26 WIB Penulis: AFP/Arv/I-1

Pantai Di Cancun, Qjintana Roo, Meksiko, Jumat (6/10) sebelum datang badai tropis Nate, di Cancun, negara bagian Quintana Roo, Meksiko, Jumat (6/10). -- AFP FOTO/Elizabeth Ruiz

BADAI tropis Nate kian meningkat kekuatannya saat memasuki negara bagian utara Meksiko dan bergerak menuju Pantai Teluk Amerika Serikat. Hujan deras yang menyertai badai itu sebelumnya di Amerika Tengah telah menewaskan sedikitnya 28 orang.

Otoritas berwenang Meksiko menutup sekolah-sekolah di tujuh pantai populer Meksiko dan menyatakan status waspa­da di negara bagian Quintana Roo yang dilewati badai itu. Pusat Badai Nasional AS (NHC) memperkirakan gelombang tinggi akan terjadi di Pantai Karibia pada akhir pekan.

Selanjutnya, Nate yang membawa angin dengan kecepatan 125 kilometer per jam di ujung barat Kuba diperkirakan akan mencapai kekuatan tertinggi pada saat mendarat di AS pada Sabtu (7/10) atau Minggu (8/10) dini hari, di pantai utara Teluk Meksiko.

NHC memperingatkan kombinasi kekuatan badai dan gelombang akan menyebabkan kawasan di sekitar pantai yang biasanya kering terkena gelombang tinggi.

“Air diperkirakan mencapai 2,5 meter di atas tanah di beberapa kawasan,” kata NHC.

New Orleans, yang diporakporandakan badai Katrina pada 2005, dan menyebabkan ratusan orang tewas dan kota-kota lain di sepanjang Pantai Teluk AS mendapat peringatan badai. Presiden AS Donald Trump segera menyetujui pemberian bantuan federal untuk membantu memitigasi dampak badai tersebut.

“Ancaman terbesar kita tidak hanya hujan, tetapi angin kencang dan gelombang badai,” kata Wali Kota New Orleans Mitch Landrieu.

Tidak seperti badai Harvey, yang membawa hujan lebat saat melanda Texas selama seminggu beberapa pekan lalu, Nate yang bergerak cepat diprediksi segera melewati jalur utara.

Gubernur Louisiana John Bel Edwards mengumumkan keadaan darurat dan memperi-ngatkan bahwa badai Nate masih dapat menyebabkan kerusak­an yang tidak terduga. “Siapa pun di daerah dataran rendah, kami menyerukan kalian untuk bersiap sekarang,” katanya.

Di negara bagian tetangga Mississippi, garis-garis terbentuk di pompa bensin di daerah-daerah yang berada dalam jalur potensial badai. Beberapa rig minyak dan gas lepas pantai di Teluk Meksiko dievakuasi menjelang badai.

Pihak berwenang di El Salvador, Guatemala, dan Honduras telah menyatakan siaga maksimum atau merah.
Amerika Tengah, Karibia, Meksiko, dan AS bagian selatan tengah dilanda musim badai Atlantik setiap tahun yang berlangsung dari Juni sampai November. Namun, musim badai 2017 sudah menjadi salah satu tahun terburuk. (AFP/Arv/I-1)

Komentar