Sepak Bola

Robben Tinggalkan Tim Oranye dengan Duka

Kamis, 12 October 2017 11:49 WIB Penulis:

AFP/EMMANUEL DUNAND

KAPTEN tim nasional Belanda Arjen Robben telah menyatakan mengakhiri masa baktinya untuk negaranya. Namun, punggawa Bayern Munchen itu menutup kariernya berseragam oranye dengan luka setelah timnya gagal lolos putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan.

Dua gol Robben menit ke-16 dari titik penalti dan menit ke-40 yang membawa Belanda menang 2-0 atas Swedia di laga terakhir penyisihan Grup A zona Eropa kemarin tidak berarti. Memiliki poin 19, sama dengan Swedia yang menempati peringkat dua, Belanda hanya menempati posisi tiga karena kalah selisih gol dan tersingkir.

Pemain 33 tahun itu mencetak 37 gol dalam 96 penampilannya untuk Belanda. Pencapaian terbaiknya ialah membawa tim ‘Negeri Kincir Angin’ ke babak final Piala Dunia 2010 sebelum kalah 0-1 dari Spanyol di masa perpanjangan waktu.

“Empat belas tahun, itu sangatlah indah. Luar biasa bahkan. Saya selalu mengingat Piala Dunia 2010 dan 2014. Keduanya merupakan memori terbaik saya. Selama kompetisi kami tampil sebagai tim sebenarnya,” kata pemain yang menjalani debut bersama Belanda saat melawan Portugal pada April 2003 silam.

Di lain pihak, pelatih timnas Australia Ange Postecoglou menolak berkomentar soal statusnya yang diberitakan telah berhenti. The Socceros memang belum melepas harapan untuk lolos ke Rusia karena akan menjalani play-off kontra Honduras.

“Saya sadar dengan laporan hari ini yang menyebut saya akan turun dari posisi pelatih bulan depan. Namun, fokus saya di persiapan tim di babak play-off,” ujarnya.

Ketua Eksekutif Federasi Sepak bola Australia David Gallop tidak menampik akan ada perubahan setelah melawan Honduras. “Kami punya setiap inci kepercayaan diri bahwa Ange dan pemain akan menyelesaikan tugas ini,” kata Gallop. (Sat/AFP/R-2)

Komentar