Internasional

1884: Penetapan Greenwich Mean Time

Jum'at, 13 October 2017 08:01 WIB Penulis: History | BBC | Dok.mi

SIDEPLAYER

GREENWICH merupakan sebuah distrik di tenggara London. Penetapan Greenwich mean time (GMT) tidak lepas dari sejarah penetapan kota tersebut oleh Royal Observatory pada 1675 untuk keperluan navigasi pelayaran Kerajaan Inggris. Seiring dengan penguasaan laut oleh Kerajaan Inggris, standar waktu dunia mulai menyebar dan dipakai di beberapa negara.

Namun, kebutuhan mendesak perlunya standar waktu dunia, termasuk di Inggris, juga berangkat dari perkembangan jaringan kereta api. Ketika kereta melalui berbagai waktu lokal dalam jarak tempuh melintasi garis bujur yang cukup lebar, tiket yang dipesan di kota A mesti mencantumkan kapan waktu berangkat dan waktu tiba di kota B, menurut standar waktu apa, jika setiap kota memiliki waktu lokal masing-masing.

Sir Sandford Fleming, seorang insinyur kereta api dari Kanada, menggagas perlunya standar waktu dunia pada akhir 1870. Pada 1884 diselenggarakan Konferensi Meredian Internasional yang bertempat di Washington DC dan dihadiri 27 utusan dari berbagai negara. Dalam pertemuan tersebut diputuskan, negara dibagi dalam 24 zona waktu, setiap zona selebar 15 derajat bujur bumi dimulai dari Greenwich di Inggris.

Komentar