Polkam dan HAM

NasDem Lampaui Syarat KPU

Jum'at, 13 October 2017 08:56 WIB Penulis: Putra Ananda

MI/Panca Syurkani

PARTAI NasDem akan menyerahkan 100% berkas kepengurusan hingga tingkat terbawah ketika bersiap mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Pemilu 2019 hari ini. Total, berkas kepengurusan yang akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut terdiri dari 34 dewan pengurus wilayah (DPW) untuk provinsi, 514 dewan pengurus daerah (DPD) untuk kabupaten/kota, dan 7194 dewan peng­urus cabang (DPC) untuk tingkat kecamatan.

Hal tersebut melampaui syarat minimal yang ditetapkan oleh KPU, yakni 100% provinsi, 75% kabupaten kota, dan 50% kecamatan yang ada di Indonesia. Ini merupakan salah satu bentuk NasDem mendukung program KPU, sekalipun sempat mengalami kendala dalam pengisian Sipol.

“Pada tahun 2013, NasDem memperoleh predikat sebagai parpol nomor 1 yang tertib administrasi, kita ingin mempertahankan posisi itu,” kata Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu DPP NasDem, Willy Aditya, di Jakarta, kemarin (Kamis, 12/10).

Selain itu, NasDem menjangkau seluruh ­kepengurusan partainya hingga 100% ke tingkat terbawah juga untuk menjangkau para pemilih. NasDem menyadari bahwa saat ini partainya masih belum memiliki basis pemilih tradisional layaknya partai-partai lain yang sudah ada sebelumnya.

“Kami giat karena partai lain memiliki basis pemilih tradisional, sedangkan NasDem belum. Satu-satunya jalan untuk mengonsolidasikan pemilih itu berarti kita harus punya struktur hingga tingkat paling bawah.”

Saat dimintai konfirmasi terpisah, Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa juga bersiap mendaftarkan diri ke KPUD Bali pada hari ini. Namun, pihaknya tidak akan mengerahkan massa dalam jumlah yang besar sebagai bentuk keprihatinan atas musibah Gunung Agung.

“Saat mendaftar, yang akan datang ke kantor KPU ialah struktur partai dan sejumlah simpatisan, itu pun kita batasi karena kita sangat berempati dengan saudara-saudara kita yang ada di pengungsian,” terangnya seusai rapat dengan para pengurus partai di Bali, kemarin. (Uta/OL/P-5)

Komentar