Eksplorasi

Tulisan Allah dan Ali di Baju Viking

Sabtu, 21 October 2017 03:45 WIB Penulis: (Iflscience/*/L-2)

MI/ANNIKA LARSON

PENELITI arkeologi tekstil di Universitas Uppsala, Swedia, Annika Larsson, menemukan adanya dua tulisan Arab pada pakaian permakaman tradisional Skandinavia yang berasal dari 9 dan 10 abad yang lalu. Pakaian tradisional ini sebenarnya telah ditemukan seabad yang lalu di Birka dan Gamla Upssala di Swedia dan dijadikan sebagai contoh standar untuk pakaian pemakaman Viking.

Saat mengidentifikasi ulang pakaian tersebut, Larsson menemukan bahan tekstil yang digunakan pada pakaian tersebut berbeda dari pakaian tradisional lain Skandinavia dan berasumsi Viking tersebut telah menempuh perjalanan jauh karena bahan yang digunakan pada pakaian tersebut diproduksi di Asia tengah, Persia, dan Tiongkok. Namun, lebih lanjut, Larsson menyadari pola geometris kecil pada pakaian tersebut merupakan naskah Kufi Arab kuno.

Untuk mencari tau lebih lanjut makna dari kata tersebut, Larsson meminta bantuan seorang rekan Iran. Diketahui, dua kata Arab tersebut berarti ‘Ali’, Khalifah Islam keempat dan sepupu Nabi Muhammad SAW dan kata ‘Allah’, yang dalam bahasa Arab berarti Tuhan. Ini pertama kalinya dalam sejarah benda yang mengandung dua kata Arab ini ditemukan di Skandinavia. (Iflscience/*/L-2)

Komentar