KICK ANDY

Sukses meski tidak Lulus SMA

Sabtu, 28 October 2017 03:15 WIB Penulis: Riz/M-3

MI/SUMARYANTO BRONTO

MESKI usianya sudah 93 tahun, Uripto Widjaja masih sehat dan aktif berkegiatan sepanjang hari. Pendiri perusahaan PT Gavla Corporation tersebut mengisi hari dengan beragam kegiatan sosial. “Pendidikan saya hanya sampai kelas 2 SMA dan dropped out,” jelas Uripto. Selain mengisi hari-harinya berkegiatan sosial, Uripto pun masih aktif bermain saham dan bermain golf. “Main saham agar otak saya selalu ada kegiatan,” imbuhnya.

Dirinya mengaku, meskipun usianya sudah tak muda, penglihatan, pendengaran, dan ingatannya masih mampu menunjang pekerjaannya. Bahkan hobinya bermain golf sempat diganjar penghargaan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) karena di usia 90 tahun, ia masih aktif bermain golf di 18 hole dengan berjalan kaki.

“Soal 18 hole itu kalau diukur sekitar 5 km dan memakan waktu rata-rata 4 jam,” paparnya. Pada 2014, dirinya memberikan bantuan kolam tadah hujan kepada 400 keluarga di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, guna mengatasi kekeringan yang kerap melanda wilayah tersebut pada musim kemarau. Tidak hanya itu, dirinya pun memberikan beasiswa di akademi keperawatan.

“Ibu saya pernah mengatakan saya harus sekolah rajin dan pintar agar tidak miskin. Pesan itu saya pegang dalam menjalankan usaha. Rajin, jujur, pekerja keras, dan hemat,” kenangnya. Salah satu produk perusahaannya yang terkenal dan masih dipakai sampai saat ini adalah pengeras suara. Perusahaannya pun masih kukuh berdiri dan mulai diteruskan generasi ketiga keturunannya. Jumlah karyawan mereka mencapai 3.000 orang.

“Mereka saya sebut anak-anak dan cucu-cucu, tidak menyebutnya dengan karyawan karena prinsipnya perusahaan saya adalah tempat suatu keluarga untuk bekerja dan berkarya,” jelasnya. Baginya, kegiatannya yang gemar membantu banyak orang tidak akan membuatnya miskin, tetapi justru malah menambah kenikmatan hidupnya.

“Kemiskinan datang bukan karena kita memberi, melainkan karena kita tidak mau berusaha. Kalau kita rajin, jujur, dan hemat pasti berhasil. Dengan banyak memberi justru semakin banyak yang saya nikmati,” pungkasnya. (Riz/M-3)

Komentar